Ledakan di Kompleks Intelijen Kabul Tewaskan Enam Orang

Willy Haryono    •    Senin, 25 Dec 2017 19:08 WIB
isis
Ledakan di Kompleks Intelijen Kabul Tewaskan Enam Orang
Petugas keamanan bersiaga di lokasi ledakan bom bunuh diri di dekat kompleks NDS, Kabul, Afghanistan, 25 Desember 2017. (Foto: AFP/SHAH MARAI)

Kabul: Seorang pelaku bom bunuh diri menewaskan enam orang dalam serangan di dekat kompleks agensi intelijen Afghanistan di Kabul, senin 25 Desember 2017. Ini merupakan serangan terbaru yang diklaim kelompok militan Islamic State (ISIS). 

Pelaku beraksi saat para pekerja tiba di gedung Direktorat Keamanan Nasional Afghanistan (NDS). Sepekan sebelumnya, militan menyerang pusat pelatihan NDS di ibu kota. 

Juru bicara Kementerian Dalam Negeri Najib Danish mengatakan kepada AFP bahwa enam warga sipil di sebuah mobil tewas saat pelaku meledakkan diri. 

"Enam orang meninggal dunia dan tiga lainnya terluka," kata Danish. 

Kementerian Kesehatan Afghanistan mengonfirmasi jumlah korban tewas, namun menyebutkan yang terluka hanya satu orang. 

Seorang reporter AFP di lokasi mengatakan ledakan terjadi di luar pintu masuk kompleks NDS., Pasukan keamanan berbondong-bondong mendatangi lokasi kejadian, setelah menutup akses dari jalan utama ke NDS. 

Sejumlah ambulans terlihat meninggalkan lokasi dengan membawa sejumlah korban. 

ISIS mengklaim bertanggung jawab atas serangan via media propaganda mereka, Amaq. Pekan lalu, ISIS menyerang pusat pelatihan NDS yang berujung pada tewasnya dua militan. 

Grup ekstremis itu berusaha memperluas pengaruh mereka di Afghanistan sejak pertama kali muncul di kawasan pada 2015. ISIS meningkatkan intensitas serangan di Kabul, terutama terhadap sejumlah instalasi keamanan dan minoritas Syiah.


(WIL)

Myanmar Sepakat Terima 1.500 Rohingya Setiap Pekan

Myanmar Sepakat Terima 1.500 Rohingya Setiap Pekan

20 hours Ago

Myanmar menyanggupi akan menyediakan tempat penampungan sementara bagi Rohingya yang kembali.

BERITA LAINNYA