World Peace Forum ke-6 Usung Tema Ekstremisme Global

Sonya Michaella    •    Selasa, 04 Oct 2016 13:54 WIB
ekstremisme
World Peace Forum ke-6 Usung Tema Ekstremisme Global
Konferensi pers World Peace Forum ke-6 di Jakarta, 4 Oktober 2016. (Foto: MTVN/Sonya Michaella)

Metrotvnews.com, Jakarta: Ekstremisme telah menjadi perhatian dunia beberapa tahun terakhir seiring munculnya sejumlah kelompok teroris yang melancarkan aksi kekerasan di sejumlah negara.

Menghadapi ancaman terorisme di kancah global, Centre for Dialogue and Cooperation among Civilisations (CDCC), Pimpinan Pusat Muhammadiyah dan Cheng Ho Multicultural Malaysia akan menggelar World Peace Forum ke-6 pada November mendatang. 

"Ini forum yang mempertemukan tokoh-tokoh dunia dan para pejabat dunia yang mendambakan perdamaian dunia di tengah banyaknya serangan-serangan teroris di belahan dunia," kata Chairman CDCC, Din Syamsuddin di Menteng, Jakarta, Selasa (4/10/2016).

World Peace Forum ke-6 ini akan dihelat di Hotel Grand Sahid, Jakarta pada 1-4 November, dengan mengusung tema Countering Violent Extremism: Human Dignity, Global Justice and Collective Responsibility. "Ekstremisme kini selalu mengatasnamakan agama ini menjadi ancaman yang paling berbahaya bagi peradaban manusia di dunia," lanjutnya lagi.

Forum dwi tahunan ini telah diselanggarakan sejak 2006 dengan menghadirkan sekitar 200 narasumber dan peserta dari dalam dan luar negeri.

"Sementara, tema umum World Peace Forum sejak 2006 adlaah One Humanity, One Destiny, One Responsibility," tutur Din.

Ia mengungkapkan bahwa apa yang diberikan oleh CDCC, Pimpinan Pusat Muhammadiyah dan Cheng Ho, adalah mendorong negara-negara dunia untuk melawan ekstremisme dan kekerasan. 

Forum kali ini akan lebih menekankan mengenai cara melawan ekstremisme dan kekerasan di kancah global. Acara dijadwalkan dibuka Presiden RI Joko Widodo dan ditutup Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Hingga saat ini, dilaporkan sudah sekitar 40 pembicara dari luar negeri mengonfirmasi kedatangannya.

CDCC turut mengundang beberapa pemimpin negara, di antaranya Perdana Menteri Tiongkok Li Keqiang, Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe, mantan Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad dan mantan PM Australia Kevin Rudd. Sejumlah duta besar perwakilan di Indonesia juga dijadwalkan hadir.

Sementara dari dalam negeri akan hadir Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, mantan Menlu Hasan Wirajuda dan Kapolri Jenderal Tito Karnavian.


(WIL)

Santiago De Cuba Bersiap untuk Pemakaman Fidel Castro

Santiago De Cuba Bersiap untuk Pemakaman Fidel Castro

5 hours Ago

Proses pemakaman untuk tokoh revolusi Kuba, Fidel Castro mulai dipersiapkan di kota terbesar kedua…

BERITA LAINNYA