Enam Orang Tewas Terinjak-injak dalam Festival India

Willy Haryono    •    Senin, 16 Jan 2017 10:04 WIB
india
Enam Orang Tewas Terinjak-injak dalam Festival India
Warga India berendam dan mengambil air dari Sungai Gangga di Gangasagar,15 Januari 2017. (Foto: AFP/DIBYANGSHU SARKAR)

Metrotvnews.com, Gangasagar: Enam perempuan tewas terinjak-injak saat hendak bertolak pulang usai menghadiri festival religius di India bagian timur, Minggu 15 Januari. 

Sekitar 1,5 juta orang berkumpul di Gangasagar di negara bagian Bengal Barat untuk berendam dan mengambil air sungai dalam perayaan festival panen Makar Sakranti. 

Kekacauan berujung maut terjadi saat para peserta festival berjalan pulang.  "Enam perempuan tewas saat berusaha menyeberangi dermaga di dekat Gangasagar," ucap pejabat lokal Manturam Pakhira kepada AFP

Sepuluh orang lainnya terluka saat para peserta berebut naik kapal untuk mencapai Kolkata, ibu kota dari Bengal Barat. 

Kantor berita Press Trust of India (PTI) melaporkan tim penyelamat menelusuri sungai untuk mencari mereka yang mungkin terjatuh saat kejadian. 

Ribuan orang berkumpul di Sungai Gangga di Gangasagar pada setiap tahunnya. Mereka mengambil air sungai dan berdoa di kuil dewa Kapil Muni. 

Insiden di Gangasagar terjadi satu hari setelah kapal yang kelebihan muatan tenggelam di Sungai Gangga di negara bagian Bihar. Sedikitnya 26 orang tewas dalam peristiwa tersebut. 

Tewas terinjak-injak buat hal baru dalam festival religius di India. Aparat keamanan dan relawan mengaku kerepotan karena banyaknya jumlah peserta yang datang. 

Tahun lalu, 24 orang tewas terinjak-injak dalam festival di kota suci Varanasi.


(WIL)