Skandal Korupsi, Bos Samsung Resmi Ditahan

Sonya Michaella    •    Jumat, 17 Feb 2017 11:44 WIB
korea selatan
Skandal Korupsi, Bos Samsung Resmi Ditahan
Pewaris utama Samsung Electronics, Lee Jae-yong (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Seoul: Otoritas Korea Selatan (Korsel) mengonfirmasi bahwa bos Samsung Electronics, Lee Jae-Yong, terkait dengan skandal korupsi sahabat Presiden Korsel, Park Geun-hye, Choi Soon-sil. Kasus korupsi ini juga turut menyeret nama Presiden Park.

"Kami sudah menahan Lee Jae-Yong untuk menyelidiki tuduhan kriminal baru dan bukti baru," tulis pernyataan dari pengadilan Korsel, kemarin.

Lee dituduh menyuap orang kepercayaan Park sekaligus teman dekatnya, Choi, sekitar USD40 juta atau setara Rp533,6 miliar untuk melancarkan sejumlah kebijakan.

Suap tersebut diperkirakan sebagai balasan untuk dukungan yang diberikan terkait merger dua perusahaan Samsung pada tahun 2015 lalu.

Dana tersebut termasuk sponsor untuk karir berkuda anak perempuan Choi, yang saat ini tengah ditahan di Denmark setelah dicari oleh pihak berwajib Korsel. Ketika ditangkap, diketahui visa Chung sudah habis masa berlakunya.

Chung Yoo-ra, 20 tahun yang merupakan anak perempuan Choi sendiri ditangkap di Denmark. Ia diketahui bersembunyi di Denmark selama beberapa bulan.

Diberitakan Reuters, Jumat 17 Februari 2017, Lee kini sudah berada di pusat penahanan setelah menghadiri pengadilan pada sehari sebelumnya. Tak lama setelah itu, hakim mengeluarkan surat perintah penangkapan Lee.

Lee adalah putra dari bos utama Samsung, Lee Kun-hee, yang sudah beberapa kali diperiksa terkait perannya dalam skandal korupsi ini.

Selain Samsung, Hyundai, SK, LG, dan Lotte pun diduga menggelontorkan dana untuk proyek Choi. Namun, hingga saat ini belum terkuak kebenaran dari empat perusahaan besar di Korsel tersebut terkait kasus ini.

 


(WIL)