Tokoh Garis Keras Jadi Pemimpin Wilayah Terpadat di India

Willy Haryono    •    Minggu, 19 Mar 2017 23:12 WIB
politik india
Tokoh Garis Keras Jadi Pemimpin Wilayah Terpadat di India
Yogi Adityanath. (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Uttar Pradesh: Seorang tokoh garis keras Hindu dilantik menjadi kepala menteri di negara bagian terpadat di India, Minggu 19 Maret 2017. 

Seperti dikutip belfasttelegraph, Perdana Menteri Narendra Modi dan pemimpin lainnya dari partai penguasa di India menghadiri upacara pelantikan di ibu kota dari Uttar Pradesh, Lucknow, di mana Yogi Adityanath mengucapkan sumpah jabatan. 

Adityanath, 44, adalah anggota parlemen yang dikenal sering melontarkan pernyataan kontroversial yang menyerang komunitas Muslim di India. 

Ia memenangkan kursi di parlemen dari distrik Gorakhpur di Uttar Pradesh sejak 1998. Adityanath juga adalah kepala tokoh agama di sebuah kuil di Gorakhpur. 

Dua wakil menteri dan 47 menteri lainnya juga dilantik dalam upacara di Lucknow, yang dilakukan satu pekan setelah Partai Bharatiya Janata memenangkan pemilihan umum lokal. 

Retorika anti-Muslim dari Adityanath telah meningkatkan kekhawatiran di kalangan pemeluk agama Islam di Uttar Pradesh, yang jumlahnya sekitar satu per lima dari total populasi. 

Dalam pidatonya, Adityanath mencoba meyakinkan warga bahwa prioritas utamanya adalah pengembangan Uttar Pradesh, salah satu negara bagian termiskin di India.


(WIL)

Polisi Inggris Rilis Foto Penyerang Westminster

Polisi Inggris Rilis Foto Penyerang Westminster

20 hours Ago

Khalid Masood, warga Inggris 52 tahun dengan riwayat pelanggaran kekerasan tapi diyakini bukan…

BERITA LAINNYA