Dua Bomber AS Berlatih Bersama Pasukan Korsel

Willy Haryono    •    Minggu, 09 Jul 2017 12:11 WIB
korea utara
Dua Bomber AS Berlatih Bersama Pasukan Korsel
Pesawat jet tempur AS dan Korsel berlatih bersama, 8 Juli 2017. (Foto: AFP/South Korean Defence Ministry)

Metrotvnews.com, Seoul: Dua pesawat pengebom milik Amerika Serikat (AS) melakukan latihan dengan amunisi sungguhan bersama pasukan Korea Selatan, Sabtu 8 Juli 2017. 

Militer Korsel menyebut latihan ini merupakan respons atas peluncuran misil balistik antarbenua (ICBM) milik Korea Utara. 

Kedua pesawat B-1B Lancer terbang dari pangkalan udara AS di Guam dan bergabung dengan jet tempur Korsel. Latihan gabungan mensimulasikan penghancuran peluncur misil balistik dan fasilitas bawah tanah musuh. 

Selasa kemarin, Korut mengumumkan telah sukses meluncurkan ICBM, dan mengklaim misilnya sudah dapat dipasangi hulu ledak nuklir. 

Sejumlah pakar meyakini ICBM Korut dapat terbang hingga mencapai Alaska dan Hawaii, dua negara bagian AS. Peluncuran ICBM terbaru diyakini sebagai kemajuan dalam ambisi Korut menghancurkan AS. 

Presiden Korsel Moon Jae-in menyebut peluncuran ICBM terjadi lebih cepat dari dugaan semula. 

Kantor berita Yonhap melaporkan bahwa dua pesawat pengebom AS berlatih di provinsi Gangwon, dengan menjatuhkan persenjataan dalam simulasi menghancurkan peluncur misil. 

Setelah menghancurkan target latihan, pesawat terbang ke area Zona Demiliterisasi (DMZ) yang memisahkan Korsel dan Korut, sebelum akhirnya pulang ke markas.


(WIL)

Etnis Rohingya Masih Diperlakukan tak Adil

Etnis Rohingya Masih Diperlakukan tak Adil

9 hours Ago

Jika Pemerintah Myanmar ternyata tidak konkret dalam menjalankan usulan Pemerintah Indonesia, pihaknya…

BERITA LAINNYA