AS Harap ASEAN Tekan Korut soal Program Misil

Sonya Michaella    •    Jumat, 04 Aug 2017 12:07 WIB
aseannuklir korea utara
AS Harap ASEAN Tekan Korut soal Program Misil
Gelaran ASEAN Ministerial Meeting and Related Meeting di Manila, Filipina, 3-8 Agustus. (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Manila: Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Rex Tillerson menekan China dan 10 negara ASEAN untuk melakukan tindakan keras terhadap Korea Utara (Korut).

Dipastikan, Korut akan hadir di pertemuan regional ASEAN dalam rangkaian ASEAN Ministerial Meeting (AMM) di Manila yang sudah dimulai sejak kemarin hingga 8 Agustus mendatang.

Tillerson mengonfirmasi dirinya akan tiba di Manila, besok. Ia juga memiliki jadwal untuk bertemu dengan Menlu China, Wang Yi, untuk membicarakan perihal program misil balistik Pyongyang.

Seorang pejabat Kementerian Luar Negeri AS mengonfirmasi bahwa AS memang sedang menekan ASEAN untuk 'membujuk' Korut segera menghentikan program misilnya.

"Apa yang ingin kita lakukan adalah meningkatkan tekanan kepada Korut sehingga mereka tak lagi memiliki peluang untuk mengembangkan misil," ucap pejabat tersebut, seperti dikutip AFP, Jumat 4 Agustus 2017.

"Kami ingin melihat banyak tindakan lebih cepat dan nyata," lanjut dia.

AS pun telah menerapkan larangan perjalanan ke Korut bagi warganya, yang akan mulai diberlakukan pada 1 September 2017.

AS juga telah mengumumkan, semua orang yang memiliki paspor AS untuk segera keluar dari Pyongyang.

Selain masalah Korut, dikabarkan AS juga akan terus menekan China dalam masalah Laut China Selatan. AS terus mendesak agar Code of Conduct perairan strategis tersebut cepat dirampungkan.

Seusai dari Filipina, Tillerson akan melakukan kunjungan kerja ke Thailand dan Malaysia.



(FJR)