ISIS kembali Rilis Video Ajak Warga Asia Tenggara Bergabung

Sonya Michaella    •    Senin, 25 Sep 2017 12:31 WIB
isis
ISIS kembali Rilis Video Ajak Warga Asia Tenggara Bergabung
Militan ISIS asal Singapura Megat Shahdan Abdul Samad atau Abu Uqayl. (Foto: Video screenshot Strait Times)

Metrotvnews.com, Singapura: Kelompok militan Islamic State (ISIS) kembali merilis video perekrutan militan di kawasan Asia Tenggara.

Video berdurasi sekitar 3,5 menit yang muncul sejak kemarin menampilkan seorang militan yang diyakini asal Singapura dengan nama samaran Abu Uqayl.

Dalam Bahasa Inggris, ia memerintahkan seluruh militan di Asia Tenggara dan Asia Timur untuk melakukan kekerasan di wilayah masing-masing.

Dikutip dari Strait Times, Senin 25 September 2017, Kementerian Dalam Negeri Singapura mengonfirmasi bahwa pria tersebut adalah Megat Shahdan Abdul Samad yang telah meninggalkan Singapura sejak 2014 untuk bekerja di Timur Tengah.

"Sepertinya ia telah bergabung dengan ISIS. Dalam catatan, ia pernah terlibat tindak pidana karena narkoba dan kasus pencurian pada 1999 dan 2002," kata seorang pejabat Kemendagri Singapura.

Dalam video tersebut, Abu Uqayl mengajak warga Islam untuk masuk ke dalam jajaran militan ISIS dengan kepemimpinan Bahrumsyah dari Indonesia.

Bahrumsyah dianggap sebagai kepala ISIS wilayah Asia Tenggara. Ia juga pernah membuat video propaganda dalam Bahasa Indonesia, Melayu dan Inggris.

Video yang baru saja beredar ini merupakan bagian dari rangkaian video propaganda berjudul 'Inside The Khilafah'.

Ancaman teror yang dihadapi Singapura meningkat akhir-akhir ini. Sejak 2015, setidaknya 17 warga Singapura telah ditangkap karena berkaitan dengan teror.

Diperkirakan pula lebih dari 1.000 warga Asia Tenggara telah melakukan perjalanan ke Timur Tengah untuk bergabung dengan ISIS. 


(WIL)