Militer Bangladesh akan Salurkan Bantuan ke Pengungsi Rakhine

Willy Haryono    •    Jumat, 15 Sep 2017 15:59 WIB
konflik myanmarrohingyapengungsi rohingya
Militer Bangladesh akan Salurkan Bantuan ke Pengungsi Rakhine
Pengungsi asal Rakhine yang sebagian besar etnis Rohingya berjalan di sekitar kamp Kutupalong, Bangladesh, 9 September 2017. (Foto: AFP/MUNIR UZ ZAMAN)

Metrotvnews.com, Cox's Bazar: Bangladesh akan mengirim militernya untuk menyalurkan bantuan asing ke kota perbatasan yang saat ini dipenuhi pengungsi dari Rakhine, di mana sebagian besarnya adalah etnis Rohingya. 

Militer dilibatkan menyusul kritik terhadap metode pembagian bantuan di sejumlah kamp pengungsi di sekitar Cox's Bazar. Di sana, kekacauan sering terjadi saat bantuan diberikan kepada sekitar 389 ribu pengungsi yang datang dari Rakhine sejak 25 Agustus. 

Perdana Menteri Sheikh Hasina mengatakan kepada parlemen pada Kamis malam bahwa militer Bangladesh akan menangani penyaluran bantuan dari beberapa negara asing untuk pengungsi Rakhine. 

"Saya telah memberikan tanggung jawab kepada militer untuk memastikan bantuan-bantuan itu sampai kepada mereka (pengungsi Rakhine)," ujar PM Hasina.

"Kami mendapat pengarahan bahwa militer akan menerima bantuan dari sejumlah negara asing di bandara dan membawanya ke Cox's Bazar," tutur Letnan Kolonel Rashidul Hasan kepada AFP, Jumat 15 September 2017. 

Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) telah mengingatkan "skenario terburuk" jika semua Rohingya berusaha melarikan diri dari aksi kekerasan di Rakhine menuju Bangladesh. 

Sejumlah agensi kemanusiaan mengatakan, saat ini ribuan pengungsi Rakhine terancam kelaparan dan masalah kesehatan dapat terjadi sewaktu-waktu.

Koresponden AFP mengaku sering melihat perkelahian antar pengungsi dalam memperebutkan makanan dan botol minuman yang dilemparkan dari truk pengirim bantuan di kamp Kutupalong. 

Organisasi Migrasi Internasional (IOM) berencana membentuk sebuah grup dari gabungan semua agensi PBB dan organisasi swasta untuk mengkoordinasikan penyaluran bantuan.

 


(WIL)

Bersama Membantu Rohingya

Bersama Membantu Rohingya

1 hour Ago

AUNG San Suu Kyi oleh dunia internasional sesungguhnya dinilai memiliki semua prasyarat yang diperlukan…

BERITA LAINNYA