KJRI Jeddah Pulangkan TKI yang Sakit Keras

Sonya Michaella    •    Rabu, 12 Sep 2018 14:51 WIB
perlindungan wni
KJRI Jeddah Pulangkan TKI yang Sakit Keras
TKI asal Jawa Tengah, Supiyah (kursi roda) dipulangkan ke Indonesia. (Foto: Dok. KJRI Jeddah)

Jeddah: Seorang Tenaga Kerja Indonesia (TKI) asal Jawa Tengah akhirnya bisa kembali ke Tanah Air dengan bantuan KJRI Jeddah. TKI bernama Supiyah ini terpaksa harus pulang ke kampung halaman karena dirinya mengidap penyakit kanker payudara.

Supiyah mengaku telah 24 tahun bekerja pada satu keluarga Arab Saudi di Provinsi Jizan yang berjarak 700 kilometer dari KJRI Jeddah.

Ia juga mengaku diperlakukan dengan baik oleh sang majikan, bahkan dibiayai perawatan. Namun, kondisinya tak kunjung membaik. 

Dalam keterangan tertulis dari KJRI Jeddah kepada Medcom.id, Rabu 12 September 2018, meski sudah dioperasi tetapi Supiah meminta agar segera dipulangkan dan berobat di Indonesia. 
 
Maka dari itu, Konjen RI untuk Jeddah Mohamad Hery Saripudin mengutus tim perlindungan WNI guna mengecek kondisi kesehatan Supiah dan kesiapannya untuk terbang ke Indonesia. 

Pulang ke Indonesia, Supiah juga dilengkapi berbagai perlengkapan yang diperlukan seperti informasi kesehatan dari rumah sakit yang mengoperasinya dan obat-obatan selama perjalanan.

Karena kondisinya yang masih lemah, perempuan asal Grobogan, Purwodadi, Jawa Tengah ini dipulangkan dengan menggunakan kursi roda, didamping oleh seorang staf dari KJRI Jeddah.


(WIL)