Ribuan Warga Korut Rayakan HUT Kim Il-sung

Sonya Michaella    •    Minggu, 15 Apr 2018 21:42 WIB
kim jong-unkorea utara
Ribuan Warga Korut Rayakan HUT Kim Il-sung
Warga Korut membungkuk di depan patung Kim Il-sung dan Kim Jong-il -- Foto: AFP

Pyongyang: Ribuan warga Korea Utara (Korut) merayakan hari ulang tahun Kim Il-sung, kakek dari Kim Jong-un sekaligus pendiri dari negara tersebut. Mereka berbondong-bondong meletakkan bunga di depan patung Kim Il-sung yang berdiri di tengah kota.

Warga Korut pun kompak untuk berjalan ke Bukit Mansu, Pyongyang, di mana patung Kim Il-sung dan Kim Jong-il (ayah Kim Jong-un) dibangun. Mereka berjalan sambil membawa spanduk perayaan ulang tahun.

"Kim Il-sung dan Kim Jong-il akan selalu bersama kami," bunyi tulisan spanduk tersebut.

Dilansir dari AFP, Minggu 15 April 2018, mereka langsung bersujud di depan patung kedua mantan pemimpin Korut tersebut. Acara peletakan bunga dan upacara ulang tahun ini juga disiarkan langsung oleh stasiun televisi pemerintah.

Warga Korut memang sudah diajarkan sejak dini untuk menghormati pemimpinnya, terutama pendiri Korut Kim Il-sung. Tanggal 15 April dikenal warga Korut sebagai Hari Matahari atau hari kelahiran Kim Il-sung. Rencananya, akan ada parade militer untuk memperingati hari nasional ini.

Perayaan ulang tahun Kim Il-sung juga akan dilanjutkan dengan pesta dan tari-tarian, acara kembang api serta menyanyikan lagu-lagu patriotik Korut yang digelar di Kim Il-sung Square.


(Des)