Keluarga Pertama Rohingya Direpatriasi ke Myanmar

Willy Haryono    •    Minggu, 15 Apr 2018 12:08 WIB
konflik myanmarrohingyapengungsi rohingya
Keluarga Pertama Rohingya Direpatriasi ke Myanmar
Menteri Kesejahteraan Sosial Myanmar berbicara dengan para pengungsi Myanmar di kamp Kutupalong, Bangladesh, 11 April 2018. (Foto: AFP/MUNIR UZ ZAMAN)

Naypyidaw: Pemerintah Myanmar mengatakan keluarga pertama etnis Muslim Rohingya telah direpatriasi dari Bangladesh, Sabtu 14 April 2018, setelah sekitar 700 ribu dari mereka melarikan diri dari operasi militer tahun lalu.

Repatriasi terjadi meski Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mengingatkan risiko keamanan terhadap Rohingya yang pulang ke Rakhine, Myanmar.

PBB menyebut operasi militer Myanmar dalam memburu ekstremis di Rakhine dapat dikatakan sebagai pembersihan etnis Rohingya. Namun pemerintah Myanmar membantahnya, dan menegaskan hanya memburu militan Arakan Rohingya Salvation Army atau ARSA. 

Bangladesh dan Myanmar telah berjanji akan memulai repatriasi pada Januari tahun ini. Namun rencana terus ditunda karena kedua kubu saling menyalahkan mengenai kurangnya persiapan teknis. 

Menurut keterangan resmi pemerintah Myanmar tadi malam, satu keluarga Rohingya menjadi yang pertama dipulangkan dari Bangladesh. 

Baca: Myanmar Janji Prioritaskan Repatriasi Rohingya

"Lima orang dalam satu keluarga kembali ke kamp repatriasi di kota Taungpyoletwei di Rakhine pagi ini," ucap pernyataan pemerintah Myanmar di akun Facebook, seperti dilansir AFP

Sesuai kebijakan pemerintah Myanmar, keluarga yang direpatriasi itu disebut sebagai "Muslim," bukan "Rohingya." Selama ini, Myanmar menghindari menggunakan istilah Rohingya karena menolak mengakui secara resmi etnis tersebut. 

Serangkaian foto di akun resmi pemerintah Myanmar memperlihatkan seorang pria, dua wanita, satu perempuan muda dan satu anak laki-laki, mendapatkan Kartu Identitas Nasional Myanmar dan pemeriksaan kesehatan.

Pernyataan pemerintah Myanmar tidak menyebutkan rencana repatriasi selanjutnya dalam waktu dekat.

 


(WIL)


Obama Sindir Sejumlah Kebijakan Trump

Obama Sindir Sejumlah Kebijakan Trump

16 hours Ago

Sejumlah kebijakan Trump disindir Obama, yaitu kebijakan imigrasi dan mundurnya AS dari Kesepakatan…

BERITA LAINNYA