Isu Terorisme Hingga Pendidikan Jadi Penguatan Hubungan RI-Belanda

Marcheilla Ariesta    •    Selasa, 03 Jul 2018 18:28 WIB
indonesia-belanda
Isu Terorisme Hingga Pendidikan Jadi Penguatan Hubungan RI-Belanda
Menlu Retno Marsudi bersama Menlu Belanda Stef Blok (Foto: Marcheilla Ariesta).

 Jakarta: Menteri Luar Negeri Belanda Stef Blok melakukan kunjungan pertamanya ke Indonesia sejak dilantik awal tahun ini. Penguatan hubungan kedua negara jadi agenda wajibnya dalam lawatannya kali ini.
 
Salah satu bidang yang akan memperkuat hubungan kedua negara adalah bersama-sama memerangi terorisme.
 
"Kita bekerja sama dalam isu keamanan, dan Indonesia belum lama ini dihantam kasus terorisme. Saya menyampaikan duka cita mendalam. Dan kami datang untuk bersama memerangi terorisme," ucap Blok di Gedung Pancasila Kementerian Luar Negeri RI, Jakarta, Selasa 3 Juli 2018.
 
Menurut dia, Indonesia dan Belanda sama-sama menghadapi tantangan terorisme. Terlebih lagi banyak dari pelaku merupakan alumni Islamic State (ISIS) yang dipulangkan dari Suriah dan Irak.
 
"Saya ingin menyatakan dengan jelas, kami berdiri berdampingan bersama dengan Indonesia untuk melawan teroris internasional," imbuhnya.
 
Selain isu keamanan, keduanya juga membahas mengenai hubungan antarmasyarakat. Sejak 1950-an, kata Blok, lebih dari 20 ribu pelajar Indonesia mengenyam pendidikan ke Belanda, termasuk Menlu RI Retno Marsudi.
 
"Ini adalah dasar kuat bagi kita. Dan saya sampaikan, Belanda akan memperpanjang program beasiswa Belanda untuk pelajar Indonesia hingga 2025," tukasnya.
 
Di sisi lain, keduanya juga membahas mengenai hak asasi manusia, termasuk di antaranya mengenai hak perempuan, pers, agama dan situasi di Papua.
 
Menlu Retno menambahkan dia dan Blok juga membicarakan mengenai Palestina, isu imigran dan Rencana Aksi Bersama Komprehensif (JCPOA) Iran dengan lima anggota tetap Dewan Keamanan PBB dan Jerman.
 
Eratnya hubungan kedua negara terbukti dengan posisi Belanda di Indonesia yang merupakan kedua terbesar negara Eropa dalam mitra dagang. Bilateral perdagangan kedua negara meningkat hingga 27,30 persen pada 2017 dengan angka hingga USD5 miliar.
 
Sementara di bidang investasi, Belanda merupakan investor ketujuh terbesar di Indonesia. Total investasi mencapai USD1,49 miliar dalam 871 proyek pada 2017.
 
Di bidang pariwisata, turis Belanda yang berkunjung ke Indonesia meningkat hingga 5,31 persen dengan total pelancong mencapai 250.844 orang.


(FJR)


Wanita Terduga Agen Rusia Ditangkap di AS

Wanita Terduga Agen Rusia Ditangkap di AS

40 minutes Ago

Amerika Serikat kembali diguncang skandal mata-mata. Kejaksaan wilayah Washington DC menahan seorang…

BERITA LAINNYA