Diduga Punya Kekasih, Vatikan Pecat Uskup Agung Flores

Sonya Michaella    •    Kamis, 12 Oct 2017 09:43 WIB
indonesia-vatikanvatikan
Diduga Punya Kekasih, Vatikan Pecat Uskup Agung Flores
Uskup Agung Flores, Hubertus Leteng. (PHOTO: KAWALI.ORG)

Metrotvnews.com, Jakarta: Seorang uskup Katolik Roma bertempat di Indonesia telah mengundurkan diri menyusul laporan bahwa ia memiliki hubungan dengan wanita dan menyedot lebih dari USD100 ribu dana gereja.

Pengunduran ini kabarnya diminta langsung oleh Gereja Katolik Vatikan.

Kemarin, Paus Fransiskus dikabarkan telah menerima pengunduran diri Uskup Hubertus Leteng dari Keuskupan Ruteng, Flores, Indonesia. Uskup Denpasar, Monsignor Sylvester San, akan menggantikan Hubertus sampai ada uskup baru.

Sejumlah media lokal juga sempat melaporkan bahwa puluhan imam mengundurkan diri secara massal pada Juni kemarin untuk memrotes pemerintahan Leteng.

Dikutip dari Strait Times, Kamis 12 Oktober 2017, Vatikan pun telah mengirim seorang penyidik untuk menyelidiki dugaan bahwa Hubertus memiliki hubungan dengan wanita. 

Tak hanya itu, dikabarkan Hubertus pernah meminjam USD94 ribu dari wali gereja Indonesia dan USD30 ribu tanpa mengembalikannya hingga saat ini.

Hubertus mengatakan, ia meminjam uang tersebutuntuk membiayai pendidikan pemuda miskin, meski ia enggan menjabarkannya lebih lanjut. Ia menyangkal pula bahwa ia memiliki seorang istri.

Dikonfirmasi ke Vatikan, Gereja tak memberikan komentar lebih lanjut terhadap skandal tersebut dan tidak menjelaskan mengapa Hubertus mengundurkan diri, begitu juga dengan Keuskupan Ruteng yang bungkam.

Pengunduran diri Hubertus adalah yang terbaru dalam beberapa kasus yang menimpa keuskupan. Biasanya, uskup akan pensiun saat usianya sudah mencapai 75 tahun, sedangkan Hubertus baru berusia 58 tahun.

Menurut data statistik Vatikan, Indonesia, meskipun mayoritas penduduknya adalah Muslim, juga merupakan rumah bagi sekitar 45 uskup dan 4.900 imam Katolik. 



(FJR)