Bappenas Optimistis Masyarakat RI Ikut Pelaksanaan SDGs

Sonya Michaella    •    Kamis, 06 Oct 2016 18:18 WIB
filantropi
Bappenas Optimistis Masyarakat RI Ikut Pelaksanaan SDGs
Festival Filantropi Indonesia di JCC (Foto: Sonya Michaella/MTVN)

Metrotvnews.com, Jakarta: Deputi Kepala Bappenas Bidang Kemaritiman dan Sumber Daya Alam, Gellwyn Jusuf menegaskan bahwa Bappenas senantiasa bekerja sama dengan Filantropi Indonesia untuk pencapaian Sustainable Development Goals 2030 (SDGs).
 
"Nanti tunggu Peraturan Presiden dulu baru bahas lembaga-lembaganya gimana. Lembaga seperti Filantropi ini lebih mengetahui yang di lapangan kan," kata Gellwyn ketika ditemui di Festival Filantropi Indonesia, di Jakarta Convention Center, Kamis (6/10/2016).
 
Di dalam road map pelaksanaan nasional tersebut, kata dia, akan ada kementerian-kementerian terkait seperti Kementerian Dalam Negeri. 
 
"Ada kementerian-kementerian pasti, nah ketuanya adalah Menteri Pembangunan dan Perencanaan Nasional," lanjutnya.
 
Di dalam perencanaan nasional tersebut terdapat tim pengarah, tim pelaksana dan juga pokja-pokja empat pilar.
 
"Filantropi termasuk dalam tim pelaksana, karena Filantropi yang menbantu mencari dana selain memang APBN juga mendanai ini," ungkap Gellwyn.
 
Disebutkan untuk satu tujuan di SDGs saja bisa memakan dana sebesar USD340 miliar. Namun, ia optimis bahwa masyarakat Indonesia pun membantu dalam implementasi 17 tujuan pembangunan berkelanjutan ini.
 
"Bagi Indonesia, semuanya prioritas. Semua tujuan harus bisa tercapai bersama. Namun memang target global juga tidak semua kita bisa penuhi," tuturnya.
 
Menurut Gellwyn, pelaksanaan SDGs ini adalah sesuatu yang unik, karena tak hanya melibatkan pemerintah namun juga organisasi dan lembaga serta semua lapisan masyarakat.
 
"Nah ini pekerjaan kita bagaimana nanti membuat road map yang disusun untuk implementasi SDGs di mana melibatkan pemerintah dan non pemerintah," pungkasnya.
 
Festival Filantropi Indonesia yang diselenggarakan dari 6-9 Oktober ini menyajikan lebih dari 100 organisasi dan lembaga kemanusiaan, termasuk Media Group Dompet Kemanusiaan yang membawahi Yayasan Media Group, Yayasan Sukma dan Kick Andy Foundation.



(FJR)

Hasil Referendum Italia dan Hubungannya dengan Uni Eropa

Hasil Referendum Italia dan Hubungannya dengan Uni Eropa

4 hours Ago

Perdana Menteri Italia Metteo Renzi mundur dari jabatannya setelah gagal menang dalam referendum…

BERITA LAINNYA