Kim Jong-un Ingin Rutin Bertemu Presiden Korsel

Willy Haryono    •    Minggu, 30 Dec 2018 17:36 WIB
kim jong-unkorea utarakorea selatankorsel-korut
Kim Jong-un Ingin Rutin Bertemu Presiden Korsel
Presiden Korsel Moon Jae-in (kiri) berjalan bersama pemimpin Korut Kim Jong-un. (Foto: AFP)

Seoul: Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un mengaku ingin "rutin" bertemu Presiden Korea Selatan Moon Jae-in pada 2019. Keinginannya itu disampaikan Kim dalam sebuah surat pribadi yang ditujukan kepada Moon.

Surat Kim ini mengindikasikan dirinya tidak akan mengunjungi Seoul sebelum akhir 2018. Padahal, Moon sebelumnya yakin Kim akan datang ke negaranya sebelum tahun ini berakhir.

"Ketua Kim mengekspresikan penyesalannya karena tidak dapat pergi ke Seoul, meski dia ingin pergi tahun ini seperti yang sudah disepakati sebelumnya di Pyongyang," ujar juru bicara Istana Kepresidenan Korsel atau Blue House, Kim Eui-kyeom.

"Mengirim surat dan juga ucapan selamat tahun baru untuk Moon, Kim Jong-un telah menyatakan dengan jelas dia ingin bertemu Presiden Moon secara rutin pada 2019," lanjutnya, seperti dilansir dari kantor berita NK.News.

Dalam surat itu Kim juga mengutarakan pendapatnya mengenai serangkaian pertemuannya dengan Moon sepanjang tahun ini. Ia menilai tiga pertemuan tahun ini telah membebaskan warga Korsel dan Korut dari ketegangan militer dan kekhawatiran akan meletusnya perang.

Baca: Presiden Korsel Hadiahi Kim Jong-un 200 Ton Jeruk

Merespons surat Kim via tulisan di media sosial, Moon mengaku menyambut baik komitmen Kim terhadap denuklirisasi di Semenanjung Korea. Ia menambahkan Seoul siap menyambut Kim untuk kunjungan tahun 2019.

"Meski akan ada berbagai rintangan di depan, hati kami akan selalu terbuka satu sama lain, yang juga tergantung dari seberapa keras usaha kami berdua," ungkap Moon.


(WIL)