Mantan Petinggi Intelijen Tiongkok Dipenjara karena Korupsi

Fajar Nugraha    •    Kamis, 27 Dec 2018 16:52 WIB
korupsitiongkok
Mantan Petinggi Intelijen Tiongkok Dipenjara karena Korupsi
Ilustrasi oleh Medcom.id.

Beijing: Pemerintah Tiongkok tidak main-main dalam menangani korupsi, khususnya di pemerintahan. Kali ini, mantan petinggi intelijen Tiongkok, Ma Jian dipenjara seumur hidup atas kasus korupsi.

“Sikap Ma Jian melakukan kejahatan dengan menerima suap, memaksa perdagangan dan menerima informasi orang dalam terkait penjualan saham,” sebut pernyataan Persidangan Tiongkok wilayah Dalian, Provinsi Lianing, seperti dikutip dari AFP, Kamis, 28 Desember 2018.

Ma, yang sebelumnya menjabat Wakil Menteri Keamanan Negara Tiongkok ini, diselidiki atas dugaan korupsi pada 2015. Pada tahun berikutnya, dia dikeluarkan dari Partai Komunis.

“Dia mengaku bersalah atas tuduhan yang diarahkan kepadanya dan memutuskan untuk tidak melakukan banding,” pernyataan persidangan.

Selain dipenjara seumur hidup, hak politiknya pun dicabut. Tidak hanya itu, seluruh aset pribadinya akan disita oleh negara.

Kejatuhan Ma dipicu penyelidikan menyeluruh yang dilakukannya terhadap tokoh keamanan Tiongkok lainnya. Penyelidikan utama yang dilakukannya adalah terhadap Zhou Yongkang pada 2012. Zhou adalah Menteri Keamanan Negara dan atasan Ma saat itu.

Kementerian Keamanan Negara kerap digambarkan sebagai dinas intelijen Uni Soviet, KGB dan dianggap bertanggungjawab mengumpulkan data intelijen dan melakukan pengintaian.


(FJR)