Hubungan Vietnam-RI Semakin Baik

Dheri Agriesta    •    Sabtu, 19 Nov 2016 14:39 WIB
indonesia-vietnam
Hubungan Vietnam-RI Semakin Baik
Presiden Joko Widodo dan Wapres Jusuf Kalla. Antara Foto

Metrotvnews.com, Lima: Presiden Vietnam Tran Dai Quang menegaskan hubungan Vietnam dengan Republik Indonesia semakin membaik. Hubungan kedua negara berlandaskan kemitraan strategis.

Hal itu disampaikan Tran Dai Quang usai bertemu Wakil Presiden RI Jusuf Kalla di sela-sela Konferensi Tingkat Tinggi Kerja Sama Ekonomi Asia-Afrika (APEC) di Lima, Peru, Jumat 18 Novemver.

Di bidang ekonomi, Vietnam mengharapkan volume dagang kedua negara bisa meningkat hingga USD10 miliar dalam beberapa tahun ke depan. Vietnam berharap Indonesia mengirimkan banyak pengusaha pada KTT APEC mendatang.

Kerja sama bidang perikanan menjadi prioritas bagi Vietnam, dan mengharapkan kerja sama dengan Indonesia di bidang ini berjalan efektif.

Di bidang pertahanan dan keamanan, Vietnam akan memperluas kerja sama penanggulangan narkoba dan perdagangan manusia antara lain melalui Defence Policy Dialogue.

Vietnam juga ingin Indonesia ikut menangani isu nelayan berdasarkan pertimbangan kemanusiaan dan semangat kemitraan strategis.

Vietnam menghargai posisi Indonesia dengan mengedepankan penghormatan atas hukum internasional termasuk UNCLOS 1992 (Konvensi Perserikatan Bangsa-Bangsa tentang Hukum Laut). Karena itu, Vietnam mengharapkan peningkatan kerja sama menyelesaikan isu Zona Ekonomi Eksklusif sebagai suatu kerangka hukum.

Jusuf Kalla menyampaikan, Indonesia berkomitmen melanjutkan kerja sama yang baik dengan Vietnam.
Ia menyampaikan duka cita atas meninggalnya nelayan Vietnam di perairan Indonesia.

Isu nelayan Vietnam tengah ditangani otoritas berwenang Indonesia bekerja sama dengan Kedutaan Besar Vietnam di Jakarta.

Untuk kerja sama bidang perikanan, Kalla ingin diperkuat pada tingkat bilateral dan regional. Sejarah hubungan Indonesia-Vietnam yang cukup lama menjadi modal untuk memperkuat kerja sama bidang ekonomi-perdagangan melalui pertukaran kunjungan pengusaha.

Kerja sama pertahanan dan keamanan akan terfokus pada upaya penanganan terorisme antara lain melalui pertukaran informasi. Kalla dan Tran juga menyepakati isu perbatasan kedua negara dapat diselesaikan segera.

Kalla berharap, adanya kerja sama Indonesia-Vietnam untuk kepentingan upah minimum pekerja di kawasan untuk dirundingkan dengan investor-investor luar kawasan.


(TRK)

BDF IX Berakhir, Demokrasi Masih Hadapi Banyak Tantangan

BDF IX Berakhir, Demokrasi Masih Hadapi Banyak Tantangan

1 day Ago

Bali Democracy Forum (BDF) IX resmi ditutup. Sejak pertama kali diadakan pada 2008, tingkat keikutsertaan…

BERITA LAINNYA