Peringatan Tsunami Dicabut, Gempa Kuat Masih Mengancam Jepang

Willy Haryono    •    Selasa, 22 Nov 2016 21:21 WIB
gempa bumi
Peringatan Tsunami Dicabut, Gempa Kuat Masih Mengancam Jepang
Wilayah pesisir dekat pembangkit listrik tenaga nuklir Fukushima Daiichi di prefektur Fukushima, Jepang, 11 Februari 2016. (Foto: AFP/TORU YAMANAKA)

Metrotvnews.com, Fukushima: Peringatan gelombang tsunami di Jepang akibat gempa bumi berkekuatan 7,4 Skala Richter (SR) telah dicabut. Kendati begitu, gempa besar lainnya masih berpotensi menghantam Negeri Sakura dalam beberapa hari ke depan. 

Hal tersebut diungkapkan Agensi Meteorologi Jepang (JMA), Selasa 22 November. JMA mengingatkan bahwa gempa besar masih dapat melanda Jepang, dan warga di kawasan rawan diminta "tetap waspada" hingga sepekan ke depan. 

Menurut JMA, guncangan terbaru di Jepang ini merupakan gempa susulan dari 2011. Lima tahun lalu, gempa berkekuatan 9 SR mengguncang Jepang dan memicu gelombang tsunami dahysat. 

JMA mengatakan gempa terbaru diklasifikasikan seperti itu karena terjadi di zona "gempa susulan," meski sudah terpaut lima tahun. Akibat gempa ini, peringatan tsunami sempat diterapkan di prefektur Fukushima dan Miyagi. Gelombang tsunami mulai dari ketinggian 30 sentimeter hingga 1,4 meter melanda pesisir Jepang. 

Di fasilitas pembangkit tenaga nuklir Fukushima Daini, reaktor nomor tiga berhenti beroperasi akibat gempa. Operasi berlanjut sekitar pukul 07.49 pagi, dan saat ini beroperasi dengan aman. 

Baca: Sistem Peringatan Tsunami Jepang Bekerja dengan Baik

Sejauh ini, hanya ada beberapa orang yang dilaporkan mengalami luka ringan akibat gempa. Tidak ada korban tewas. 

Perusahaan otomotif Nissan menghentikan aktivitasnya di Fukushima, sementara penerbangan dari dan menuju bandara Sendai sempat terganggu gempa. 

Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe meminta otoritas lokal memberikan informasi akurat mengenai gempa dan tsunami kepada warga. Ia juga menginstruksikan langkah-langkah darurat yang diperlukan untuk menangani musibah terbaru ini. 

Prefektur Fukushima terletak di utara Tokyo dan merupakan tempat berdirinya fasilitas pembangkit tenaga nuklir Fukushima Daiichi. Saat gempa bumi dahsyat melanda Jepang pada 2011, Fukushima Daiichi mengalami kebocoran terparah dalam sejarah Jepang.

 


(WIL)