Pelaku Penembakan di Gereja Texas Dipecat dari Angkatan Udara AS

Arpan Rahman    •    Senin, 06 Nov 2017 17:04 WIB
penembakan as
Pelaku Penembakan di Gereja Texas Dipecat dari Angkatan Udara AS
Devin Patrick Kelley. (Foto: CBS/Telegraph)

Metrotvnews.com, Texas: Pria bersenjata yang bertanggung jawab atas penembakan di sebuah gereja di Texas adalah seorang veteran yang dikeluarkan dari Angkatan Udara Amerika Serikat (AS). Ia sempat menjalani pengadilan militer karena diadukan terkait kasus kekerasan dalam rumah tangga.

Devin Patrick Kelley, 26, tinggal di New Braunfels dekat San Antonio. Ia melepaskan tembakan secara membabi-buta pada Minggu 5 November 2017 di First Baptist Church di Sutherland Springs, Texas. Tembakannya menewaskan 26 orang dan melukai sekitar 20 lainnya.

Ann Stefanek, juru bicara Angkatan Udara AS, mengatakan Kelley dipecat karena diduga menyerang istri dan anaknya.

Kelley kemudian menjalani hukuman 12 bulan penjara usai pengadilan militer pada 2012, yang berujung pada pemecatan secara tidak hormat.

Dikatakan bahwa Kelley bertugas dalam Urusan Logistik di Pangkalan AU Holloman di New Mexico dari 2010 sampai dipecat pada 2014. Tugasnya bertanggung jawab untuk memindahkan penumpang, kargo, dan barang pribadi dalam transportasi militer.

Pihak berwenang tidak mengumumkan namanya dalam konferensi pers mengenai penembakan di Texas. Kabar yang disampaikanhanya tersangka adalah seorang pria kulit putih berusia 20-an tahun.

Namun seorang pejabat AS dan seorang petugas penegak hukum mengidentifikasi Kelley sebagai pria bersenjata tersebut.

Tidak Terkait Terorisme

Pejabat AS mengatakan kepada Associated Press bahwa Kelley tampaknya tidak terkait dengan kelompok teroris. Ia menambahkan, para penyelidik memeriksa pesan di media sosial yang mungkin dibuat Kelley pada hari-hari sebelum serangan Minggu.

Setelah penembakan, Kelley ditembak seorang penduduk setempat dengan sebuah senapan. Tersangka menjatuhkan senjatanya, dan melarikan diri ke kendaraan.

Tak lama setelah itu, tersangka menabrak kendaraannya di dekat perbatasan Guadalupe County dan ditemukan tewas di dalam mobil lengkap dengan senjata.

Tidak jelas apakah tersangka bunuh diri atau terkena peluru saat penduduk menembakinya di luar gereja.

 


(WIL)