Ditangkap di Jakarta, Politikus Buronan Malaysia Dideportasi

Sonya Michaella    •    Sabtu, 07 Jul 2018 09:15 WIB
politik malaysia
Ditangkap di Jakarta, Politikus Buronan Malaysia Dideportasi
Jamal Yunos (tengah). (Foto: The Star)

Kuala Lumpur: Politikus kontroversial Malaysia dari Partai UMNO, Jamal Yunos telah ditangkap di Indonesia, dan kini telah ditahan di Malaysia. Kini, Jamal bersiap untuk menghadapi tuntutan.

Jamal ditangkap ketika dia sedang mencukur rambut di kawasan Tebet, Jakarta Selatan, pada awal pekan ini.

Ketua Pemuda UMNO cabang Sungai Besar ini menjadi buronan Polisi Diraja Malaysia sejak akhir Mei lalu, atas sejumlah kasus. Salah satunya adalah memecahkan botol-botol alkohol dalam sebuah festival bir di Selangor, tahun lalu.

Begitu mengetahui bahwa Jamal berhasil ditangkap, Polisi Diraja Malaysia mengirimkan tim dari Kuala Lumpur ke Jakarta untuk mempersiapkan deportasi Jamal.

Jumat 6 Juli 2018, Jamal tiba di Bandara Internasional Kuala Lumpur sekitar pukul 15.15 sore waktu setempat dan langsung digiring ke Pengadilan Ampang. Dari pengadilan, Jamal dibawa ke rumah tahanan Sungai Buloh karena jaminannya ditolak. 

Pencarian Jamal dimulai sejak ia menghilang dari bangsal Rumah Sakit Ampang Putri pada 25 Mei 2018. Ia melarikan diri setelah dinyatakan sebagai terdakwa.

Surat perintah penangkapan Jamal pun dikeluarkan pada 1 Juni dengan tuduhan pelanggaran melarikan diri dan menolak ditahan polisi.

Menurut catatan polisi, Jamal meninggalkan Malaysia secara ilegal sejak 13 Juni. Dikabarkan, ia sempat singgah di Medan untuk beberapa hari.



(WIL)