Korban Tewas Banjir Jepang jadi 144 Orang

Sonya Michaella    •    Selasa, 10 Jul 2018 12:20 WIB
jepang
Korban Tewas Banjir Jepang jadi 144 Orang
Banjir bandang di Jepang menewaskan 144 orang. (Foto: AFP)

Tokyo: Jumlah korban tewas banjir dan tanah longsor di Jepang kini mencapai 144 orang. Dikhawatirkan, jumlah ini akan terus bertambah seiring masih ada korban hilang.

Banjir bandang dan tanah longsor ini melanda Prefektur Hiroshima dan Prefektur Okayama. Ratusan ribu warga pun telah mengungsi. 

Lebih dari 70 ribu anggota tim penyelamat diturunkan oleh pemerintah untuk menggali tanah longsor dan menutup aliran air dari banjir bandang.

Akhir pekan lalu, sunga-sungai di Jepang meluap akibat hujan lebat tak kunjung henti. Bencana ini memaksa ribuan warga harus dievakuasi dengan menggunakan helikopter.

Bencana yang melanda Negeri Sakura tak urung membuat pemerintah bingung. Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe bahkan menunda kunjungan kerjanya ke empat negara demi memanajemen upaya penyelamatan warganya.

"700 helikopter, 73 ribu polisi dan pemadam kebakaran dikerahkan pemerintah untuk operasi penyelamatan," ucap juru bicara pemerintah Yoshihide Suga, dikutip dari Channel News Asia, Selasa 10 Juli 2018.

Di daerah Kumano, polisi dan pekerja darurat lainnya terus menggali timbunan tanah berhasil mengeluarkan mobil-mobil yang telah hancur. 

Di Prefektur Kyoto, pemerintah daerah setempat telah bekerja untuk mengendalikan banjir di beberapa bendungan. Sekitar 250 orang harus meninggalkan rumah mereka seiring hujan turun semakin lebat.

Jalan-jalan utama pun telah ditutup dan peringatan banjir telah dikeluarkan, terutama di Prefektur Okayama.



(FJR)