Presiden Suriah Dikabarkan akan Bertemu Kim Jong-un

Willy Haryono    •    Minggu, 03 Jun 2018 18:00 WIB
krisis suriahkorea utara Amerika Serikat-Korea Utara
Presiden Suriah Dikabarkan akan Bertemu Kim Jong-un
Kim Jong-un (kiri) dan Bashar al-Assad. (Foto: AFP/Getty/Slate)

Pyongyang: Beberapa hari menjelang pertemuan Kim Jong-un dengan Presiden Amerika Serikat Donald Trump di Singapura, pemimpin Korea Utara tersebut berencana menemui tokoh dunia lainnya -- Presiden Suriah Bashar al-Assad.

Menurut laporan dari kantor berita Korean Central News Agency (KCNA), Minggu 3 Juni 2018, Assad akan menemui Kim di Korut. Laporan KCNA tidak menyebutkan tanggal pertemuan.

Kantor berita nasional Suriah, SANA, sejauh ini belum melaporkan adanya rencana pertemuan antar keduanya.

Jika pertemuan berlangsung di Pyongyang, maka Assad akan menjadi kepala negara pertama yang menemui Kim di ibu kota Korut.

Baca: Trump Pastikan Bertemu Kim Jong-un Sesuai Jadwal

Masih dari laporan KCNA, Assad telah menerima surat kepercayaan dari Duta Besar Korut untuk Suriah pada Rabu kemarin. Laporan tersebut mengutip Assad, yang berkata bahwa, "dunia menyambut baik serangkaian peristiwa luar biasa di Semenanjung Korea yang terjadi berkat kepemimpinan hebat Yang Mulia Kim Jong-un."

"Saya yakin dia dapat mencapai kemenangan akhir dan berhasil merealisasikan reunifikasi Korea," lanjutnya.

Laporan KCNA juga menyinggung mengenai hubungan dekat Suriah dengan Korut. "Suriah akan mendukung penuh semua kebijakan dan langkah-langkah kepemimpinan Korut," ungkap Assad dalam laporan tersebut.


(WIL)