PM Modi Minta Masyarakat India di Indonesia Hormati Jokowi

Marcheilla Ariesta    •    Rabu, 30 May 2018 20:19 WIB
indonesia-india
PM Modi Minta Masyarakat India di Indonesia Hormati Jokowi
Perdana Menteri India Narendra Modi minta warganya di Indonesia hormati Presiden Joko Widodo (Foto: Marcheilla Ariesta).

Jakarta: Perdana Menteri India Narendra Modi melakukan kunjungan kerja ke Indonesia. Dalam lawatannya tersebut, dia menyempatkan bertemu dengan para warga India yang ada di Indonesia.
 
Modi meminta para warganya yang ada di Indonesia untuk saling menghormati satu sama lain. Dia juga menuturkan Indonesia tidak berbeda jauh dengan India karena latar belakang budaya yang serupa.
 
"Masyarakat dan Pemerintah Indonesia menyambut saya dan Anda dengan sangat hangat. Saya minta Anda semua saling menghargai satu sama lain dan menghormati Presiden Joko Widodo sebagai pemimpin," ucapnya di hadapan hampir ribuan warga India di Indonesia, di Jakarta Convention Center, Rabu 30 Mei 2018.
 
Indonesia dan India, ujar Modi merupakan sahabat dekat. Selain karena kebudayaan yang sama, nama kedua negara juga dianggap mirip.
 
"Indonesia adalah sahabat kita, sudah sejak lama. Dan kalian harus menjadi warga negara yang baik bagi Indonesia dan India," tukasnya.
 
Dia mengatakan sangat bangga pada para warganya di Indonesia. Pasalnya, rata-rata memiliki jenjang karir yang sukses.
 

Hiburan band asal India untuk para warga India di Jakarta (Foto: Marcheilla Ariesta).

Para warga India di Indonesia banyak yang berprofesi sebagai guru, bankir, pedagang dan juga insinyur. Dia juga sangat bangga karena acara tahunan 'Yoga Day' berjalan lancar dan diminati setiap tahunnya.
 
Dia menambahkan, para warga India harus taat hukum di negara orang. "Anda semua itu representasi India," imbuh dia.
 
Sebelum bertemu dengan Modi, para warga India dihibur penampilan band dari Negeri Bollywood selama kurang lebih sejam. Mereka menari bersama dan melepas rindu dengan sanak saudara yang ada di Indonesia.
 
"Saya tahu, meski pun Anda tinggal di Indonesia, bahkan ada yang sudah puluhan tahun, namun di hati Anda tetap ada tempat untuk India. Terima kasih!" pungkas Modi.
(FJR)