Satu Tewas dalam Insiden Penikaman di Melbourne

Fajar Nugraha    •    Jumat, 09 Nov 2018 15:58 WIB
penusukan
Satu Tewas dalam Insiden Penikaman di Melbourne
Ilustrasi oleh Medcom.id

Melbourne: Satu orang tewas dan dua lainnya terluka dalam insiden penikaman di pusat kota Melbourne, Australia pada Jumat, 9 November. Polisi berhasil menembak tersangka yang membawa pisau.
 
Polisi mengatakan para petugas pada awalnya menanggapi laporan tentang sebuah mobil yang terbakar di pusat kota pada pukul 4:20 waktu setempat. Tetapi mereka menemukan di tempat kejadian bahwa warga telah ditikam.
 
Media menunjukkan rekaman video polisi kemudian mencoba menahan seorang lelaki besar dalam berpakaian gelap yang menerjang, menebas dan menusuk ke arah dua petugas. Di saat bersamaan sebuah mobil pick-up yang terbakar di dekatnya.
 
Para petugas terlihat berusaha setidaknya satu menit untuk menahan orang itu dengan cara damai ketika serangannya berlanjut. Tetapi seorang petugas akhirnya menembaknya dengan senjata.
 
"Seorang pria ditangkap di tempat kejadian dan telah dibawa ke rumah sakit di bawah pengawasan polisi dalam kondisi kritis," kata Inspektur Polisi David Clayton, seperti dikutip AFP, Jumat 9 November 2018.
 
Dia mengatakan satu orang lainnya meninggal di tempat kejadian dan dua lainnya masih dirawat.
 
"Tidak ada kaitan yang diketahui dengan terorisme pada tahap ini. Kami akan tetap berpikiran terbuka, apakah ada hubungan. Ini adalah tahap awal penyelidikan," imbuh Clayton.
 
Polisi memperingatkan orang-orang untuk menghindari daerah itu dan mengirim pasukan bom untuk mengamankan daerah itu dan memeriksa mobil yang terbakar itu.
 
Petugas mengatakan mereka tidak mencari kemungkinan adanya tersangka kedua. "Keadaan pasti belum ditentukan pada tahap ini. Daerah itu telah ditutup," kata polisi.
 
Serangan itu terjadi ketika James Gargasoulas yang berusia 28 tahun menjalani persidangan di Melbourne. Gargasoulas  mengemudikan mobil ke kerumunan di daerah yang sama pada tahun 2017 dan menewaskan enam orang.


(FJR)