Komitmen Kerja Sama, Kapal Perang AS Kunjungi Indonesia

Sonya Michaella    •    Kamis, 14 Sep 2017 18:38 WIB
indonesia-as
Komitmen Kerja Sama, Kapal Perang AS Kunjungi Indonesia
USS Coronado berlabuh di Jakarta (Foto: Sonya Michaella/Metrotvnews.com).

Metrotvnews.com, Jakarta: Meningkatkan hubungan persahabatan dengan Indonesia, kapal perang milik Amerika Serikat (AS) yang bernama USS Coronado berlayar dan sandar di Indonesia.
 
Waktu sandar USS Coronado memang cukup singkat, yakni hanya 30 jam di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta. Kendati demikian, Komandan USS Coronado Letkol Laut Douglas Meagher mengatakan, kunjungan ini sangat menyenangkan.
 
"Kunjungan USS Coronado ke Jakarta sebagai demonstrasi dan wujud komitmen kerja sama AS dengan Indonesia di bidang maritim," kata Komandan Meagher di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Kamis 14 September 2017.
 
"USS Coronado adalah representasi kapabilitas kita di kawasan Asia Pasifik dan berfokus pada kerja sama keamanan maritim," lanjut dia.


Letnan Kolonel Douglas Meagher (Foto: Sonya Michaella/Metrotvnews.com).

 
USS Coronado termasuk kapal perang untuk medan di pesisir laut yang dikembangkan Angkatan Laut AS untuk operasi medan yang dekat dengan daratan.
 
Kapal perang ini juga memiliki teknologi siluman dan sistem operasional yang canggih. USS Coronado juga memiliki sebuah modul yang memungkinkan sebuah kapal jenis ini bisa melakukan berbagai fungsi operasi yang dibutuhkan, seperti penyapu ranjau, operasi anti-kapal selam dan juga terlibat dalam perang permukaan.
 
"Kapal ini memiliki 75 awak dan 40 di antaranya mengoperasikan komponen dan sisanya adalah staf spesialis misi," ungkap dia lagi.
 
Persenjataan utama USS Coronado adalah empat buah peluncur roket pengecoh rudal chaff, satu buah kubah meriam kaliber 57mm, sistem rudal SeaRAM dengan 11 tabung peluncur untuk pertahanan jarak pendek dan dua buah senapan mesin kaliber 30 mm dengan sistem modul rantai dan dirancang untuk mendukung penembakan rudal.
 
"Selain senjata utama sudah terpasang, USS Coronado juga membawa sepasang helikopter jenis Sikorsky MH-60R berukuran sedang," tutur dia.
 
Pada Juli 2016 lalu, USS Coronado pernah berpartisipasi dalam latihan gabungan skala besar "Cincin Pasifik" di Laut Pasifik yang melibatkan ratusan peserta dari negara sekutu AS.

(FJR)