Bahas Kondisi di Al-Aqsa, Menlu Retno Panggil Perwakilan Negara OKI

Sonya Michaella    •    Selasa, 25 Jul 2017 15:13 WIB
palestina israel
Bahas Kondisi di Al-Aqsa, Menlu Retno Panggil Perwakilan Negara OKI
Menlu Retno Marsudi melakukan pertemuan dengan para perwakilan negara anggota OKI bahas isu Al-Aqsa (Foto: Sonya Michaella/Metrotvnews.com).

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi mengundang para duta besar perwakilan negara anggota Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) di Jakarta untuk hadir dalam pertemuan di Kementerian Luar Negeri untuk membahas situasi genting yang terjadi di Masjid Al Aqsa, Yerusalem.
 
Pantauan Metrotvnews.com di lokasi, sejumlah duta besar sudah datang, antara lain duta besar Qatar, Iran, Mozambik, Uzbekistan, Irak, Turki, Libya, Kazakhstan dan Uni Emirat Arab.
 
Dalam pembukaannya menyambut kedatangan para dubes, Menlu Retno menegaskan dunia tidak bisa membiarkan situasi di Al Aqsa terus seperti sekarang ini.
 
"Akses beribadah saudara-saudara kita dibatasi oleh Israel. Tindak kekerasan terus berlanjut dan menimbulkan korban. Situasi di sana tegang dan kita tidak boleh membiarkan ini terus berlanjut," kata Menlu Retno, di Gedung Pancasila, Kemenlu RI, Jakarta, Selasa 25 Juli 2017.
 
"Kita harus melakukan sesuatu untuk menghentikan ini. Mohon sampaikan pesan ini ke negara masing-masing," tambah dia.

Setelah memberikan sambutan, pertemuan antara Menlu Retno dengan perwakilan negara anggota OKI dilakukan tertutup untuk media.
 
Sementara itu, Israel akhirnya melunak. Dini hari tadi, detektor logam yang dipasang di Masjid Al-Aqsa akan dicopot. Israel juga mengatakan, mereka tidak akan lagi menggunakannya karena dapat memicu bentrokan.
 
 
Langkah tersebut tampaknya dilakukan setelah banyaknya tekanan internasional yang datang kepada Israel.
 
Pasalnya, jika terus-terusan dipasang detektor logam, dikhawatirkan akan pecah lagi bentrokan yang lebih parah.
 

 


(FJR)