Topan Chaba Hantam Korsel, Delapan Orang Tewas

Sonya Michaella    •    Rabu, 05 Oct 2016 17:26 WIB
topan badai
Topan Chaba Hantam Korsel, Delapan Orang Tewas
Relawan memperbaiki akses jalan yang rusak akibat banjir bandang di North Hamyong, Korut, 13 September 2016. (Foto: AFP/UNICEF DPRK)

Metrotvnews.com, Seoul: Sedikitnya tiga orang tewas dihantam badai topan Chaba di Korea Selatan (Korsel) pada Rabu 5 Oktober. Bencana alam ini membanjiri pelabuhan dan mengganggu produksi di beberapa pabrik.

Topan Chaba pun sempat menghantam Pulau Jeju dan satu orang dilaporkan hilang di tengah pemadaman listrik di Korsel. Tak hanya itu, badai topan ini merusak sejumlah rumah dan bangunan.

Seperti dilansir Reuters, Rabu (5/10/2016), 26 penerbangan yang menuju dan dari Korsel dibatalkan, termasuk yang langsung menuju ke tempat wisata di Korsel.

Pelabuhan di kota Busan ditutup untuk beberapa hari, dan status darurat telah diumumkan. Saat ini, topan Chaba bergerak berputar melewati Busan dan menuju ke timur Jepang.


Topan Chaba bergerak ke Jepang. (Foto: AFP)

Sementara itu lima orang dilaporkan tewas terkena imbas topan di Busan dan Ulsan. Tayangan televisi menunjukkan banjir besar di dua wilayah tersebut. Angin kencang menghantam mobil-mobil di jalanan dan juga sejumlah bangunan.

Lebih dari 80 penerbangan di Bandara Gimhae, Busan dibatalkan. Layanan kereta juga dihentikan sementara.

Wilayah Asia tengah dilanda beragam bencana alam. Sebelumnya, Korea Utara dlanda banjir bandang yang menyebabkan lebih dari 300 ribu rumah hancur dan memaksa ratusan ribu warga Korut mengungsi.

Saat ini, Jepang diminta waspada karena Chaba dikabarkan akan segera melanda usai menghantam Korsel.


(WIL)

Hasil Referendum Italia dan Hubungannya dengan Uni Eropa

Hasil Referendum Italia dan Hubungannya dengan Uni Eropa

4 hours Ago

Perdana Menteri Italia Metteo Renzi mundur dari jabatannya setelah gagal menang dalam referendum…

BERITA LAINNYA