Tiga WNI eks-Sandera Abu Sayyaf Jalani Pemulihan Trauma

Fajar Nugraha    •    Selasa, 20 Sep 2016 14:24 WIB
wni disandera abu sayyaf
Tiga WNI eks-Sandera Abu Sayyaf Jalani Pemulihan Trauma
Militer Abu Sayyaf di Filipina (Foto: Inquirer)

Metrotvnews.com, Manila: Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Manila, Filipina mengeluarkan pernyataan resmi terkait bebasnya tiga warga negara Indonesia (WNI) yang sempat disandera Abu Sayyaf.
 
Ketiga WNI tersebut dibebaskan dari penyanderaannya pada 17 September 2016. Mereka yang dibebaskan adalah Lorence Koten (34), Theodorus Kopong (42) dan Emanuel (40).
 
"Pada 19 September, Duta Besar RI untuk Filipina Johny Lumintang mewakili pemerintah, telah menerima secara resmi ketiga sandera tersebut di Zamboanga. Kondisi mereka dalam keadaan baik," pernyataan KBRI Manila, dalam keterangan tertulis yang diterima Metrotvnews.com, Selasa (20/9/2016).
 
Kabar mengenai bebasnya tiga warga eks-sandera Abu Sayyaf tersebut sudah diteruskan kepada pihak keluarga. (Baca: Abu Sayyaf Dikabarkan Bebaskan Tiga Sandera WNI http://internasional.metrotvnews.com/asia/4KZX8gWb-abu-sayyaf-dikabarkan-bebaskan-tiga-sandera-wni).
 
"Keluarga pun mengucapkan syukur dan terima kasih kepada pemerintah atas upaya yang dilakukan serta perhatian yang diberikan kepada keluarga selama ini," lanjut pernyataan tersebut.
 
"Sesuai SOP (standard operating procedure) pemerintah, sebelum dipulangkan kepada keluarga masing-masing, ketiganya akan menjalani pemeriksaan kesehatan dan post trauma healing. Pemulihan ini akan tergantung pada kondisi psikologis masing-masing sandera," imbuhnya.
 
Kedubes menegaskan bahwa pembebasan WNI dilakukan atas dukungan penuh Pemerintah Filipina. Pemerintah Indonesia pun mengapresiasi upaya dari Filipina.
 
Hingga saat ini masih ada lima WNI lainnya yang masih disandera oleh kelompok penyandera di Filipina selatan. Pemerintah pun menegaskan akan mengupayakan kebebasan dari kelima WNI tersebut.

   



(FJR)