Tahun Depan, Indonesia Jadi Tuan Rumah KTT IORA

Patricia Vicka    •    Rabu, 14 Sep 2016 11:37 WIB
iora
Tahun Depan, Indonesia Jadi Tuan Rumah KTT IORA
Wamenlu A.M Fachir nyatakan kesiapan Indonesia jadi tuan rumah KTT IORA 2017 (Foto: Patricia Vicka/MTVN)

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Simposium Negara-negara pesisir Samudera Hindia atau Internasional Indian Ocean Rim Association (IORA) resmi dibuka oleh Wakil Menteri Luar Negri A.M Fachir. Simposium ini berlangsung selama dua hari pada 14-15 September 2016 di Hotel Hyatt Regency Yogyakarta. 
 
Dalam sambutannya, Wamenlu mengatakan, Indonesia sebagai Ketua IORA akan melaksanakan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) pad Maret 2017. Maka ia berharap agar para undangan dan pemangku kepentingan menyampaikan ide, rekomendasi dan pandangan di simposium ini mengenai tantangan IORA, dan strategi peningkatan kerjasama untuk penguatan IORA dimasa depan. 


Wamenlu Fachir buka simposium IORA di Yogyakarta (Foto: Patricia Vicka/MTVN)
 
 
"Kita ingin agar semua undangan terlibat dalam simposium ini. Sehingga di KTT tahun depan kita berharap recomendasi di simposium ini bisa menjadi satu guideline yang kita sebut Concord," ujar Fachir, di Yogyakarta, Rabu (14/9/2016). 
 
Dalam concord nanti, lanjut Fachir ada tiga hal tantangan dan topik yang hendak ditampilkan. Pertama adalah stabilitas dan perdamaian di Samudera Hindia. Kedua adalah kerja sama ekonomi dan ketiga adalah adanya interaksi sosial dan budaya masyarakat diantara negara pesisir. 
 
Posisi Samudera Hindia yang strategis di antara empat benua dan merupakan jalur perdagangan dan perlintasan kapal yang sangat padat memunculkan potensi kerawanan. Kriminalitas yang dilakukan sejumlah perompak di wilayah Samudera Hindia masih kerap terjadi. 
 
Maka ia menilai sangat penting menjaga stabilitas perdamaian dan keamanan dikawasan Samudera Hindia.  "Orang bisa pakai berbagai cara untuk bikin keadaan tidak stabil. tapi jika ada kestabilan dan kedamaian di sana akan mudah untuk kerja sama ekonomi," katanya. 
Di sisi lain hubungan antar warga negara di negara pesisir yang selama ini sudah terjalin diharapkan bisa lebih ditingkatkan. Indonesia sebagai ketua IORA bisa berbagi pengalaman dan pendapat bagaimana meningkatkan ekonomi melalu pengelolaan laut dengan menggunakan kearifan lokal. 
 
"Kita akan coba bicarakan soal blue economy dan mencegah illegal fishing," ucapnya. 
 
Sementara itu Sekretaris Jenderal IORA Duta Besar Bhagirath berharap agar para akademisi dan generasi muda yang hadir dapat memberikan sumbangan ide untuk peningkatan kerja sama edukasi, penelitian dan budaya di negara-negara pesisir. 
 
IORA adalah organisasi negara-negara pesisir yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia. Organisasi ini didirikan tahun 1997 dan kini beranggotakan 21 negara yang dipimpin. Indonesia terpilih sebagai pemimpin IORA diperiode 2015-2017. 



(FJR)

Hillary Clinton Janjikan Biaya Kuliah Gratis

Hillary Clinton Janjikan Biaya Kuliah Gratis

21 hours Ago

Dalam kampanyenya bersama Bernie Sanders, Calon Presiden Amerika Serikat Hillary Clinton menyatakan…

BERITA LAINNYA