Kesehatan Raja Thailand Tidak Stabil

Arpan Rahman    •    Senin, 10 Oct 2016 13:36 WIB
politik thailand
Kesehatan Raja Thailand Tidak Stabil
Seorang warga memegang foto Raja Bhumibol Adulyadej di Bangkok, 9 Juni 2016. (Foto: AFP/LILLIAN SUWANRUMPHA)

Metrotvnews.com, Bangkok: Kesehatan raja Thailand, pemimpin monarki terlama di dunia, kembali memburuk dan berada dalam status "tidak stabil". Menurut istana kerajaan Thailand, saat ini beliau sedang dirawat intensif. 

Raja Bhumibol Adulyadej secara luas dihormati dan dipandang sebagai simbol penengah dalam arena politik Thailand yang terpecah.

Dia sudah tidak terlihat di depan umum selama berbulan-bulan dan telah menghabiskan sebagian besar waktunya tahun lalu di rumah sakit. Sang raja telah diobati dari berbagai penyakit dalam beberapa tahun terakhir.

Menurut pernyataan istana, dirilis Minggu 9 Oktober malam dan disitir BBC, Senin (10/10/2016), mengabarkan bahwa tekanan darah raja turun karena ia sedang dipersiapkan untuk menjalani hemodialisis, prosedur yang digunakan untuk mengobati gagal ginjal.

Ia ditempatkan di sebuah ventilator dan diberikan obat-obatan untuk mengembalikan tekanan daerah ke tingkat normal. Dokter terus memantau kondisi sang raja dengan cermat.

Biro Rumah Tangga Kerajaan Thailand lebih sering menerbitkan buletin kesehatan dalam beberapa bulan terakhir. Awal bulan ini, sebuah pernyataan mengatakan raja telah pulih dari infeksi pernapasan.

Kesehatan Raja Bhumibol diawasi ketat di Thailand di mana dia terlihat sebagai simbol pemersatu di tengah meningkatnya perpecahan politik dan merebaknya aksi kekerasan.


(WIL)