Empat Tokoh RI Masuk Jajaran 50 Muslim Berpengaruh di Dunia

Sonya Michaella    •    Selasa, 11 Oct 2016 16:25 WIB
tokoh muslim
Empat Tokoh RI Masuk Jajaran 50 Muslim Berpengaruh di Dunia
Presiden Joko Widodo (tengah) dan mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah Din Syamsuddin (kiri). (Foto: AFP/ARYA MANGGALA)

Metrotvnews.com, Jakarta: Empat tokoh Indonesia masuk dalam jajaran 50 tokoh Muslim paling berpengaruh di dunia. Salah satu tokoh itu adalah Presiden Joko Widodo.

Dilansir dari The Muslim 500, Selasa (11/10/2016), Jokowi menduduki peringkat 13 di The Top 50 dari 500 tokoh Muslim yang dinilai berpengaruh di dunia.

Pada posisi ke-13, Jokowi yang dilantik menjadi Presiden Indonesia pada 20 Oktober 2014 disebut sebagai pemimpin yang populis dalam laporan tersebut.

"Presiden Widodo adalah presiden pertama RI yang tak datang dari latar belakang elite militer atau politik," demikian ditulis The Muslim 500.

Di peringkat 20 diduduki Dr. KH Said Aqil Siradj, pemimpin organisasi Muslim, Nahdlatul Ulama. Siradj diketahui memimpin jutaan umat Muslim Indonesia bersama NU.

Sementara Din Syamsuddin menduduki peringkat 41. Mantan Ketua Umum PP Muhamadiyah ini dianggap sebagai tokoh berpengaruh dalam berbagai bidang.

Baru-baru ini ia mendapat penghargaan dari Menteri Luar Negeri Jepang Fumio Kishida atas kontribusinya menyebarkan agama Islam di Jepang dan membuat masyarakat Negeri Sakura lebih memahami dunia Muslim. 

Din juga menjadi Ketua Forum Perdamaian Dunia dan Presiden Inter Dewan Agama-Indonesia. Ia juga menjabat guru besar Pemikiran Politik Islam di Universitas Nasional Islam di Jakarta.

Di posisi 45 ditempati Habib bin Luthfi. Ia adalah Kepala Majelis Ulama Indonesia (MUI) di Jawa Tengah dan pimpinan spiritual dari tarekat Ba Alawi di Indonesia.

Ba Alawi diketahui adalah keturunan dari Nabi Muhammad SAW yang bermigrasi ke Hadramaut, Yaman pada awal sejarah Islam. Ia memainkan peran utama dalam membawa Islam ke Timur, termasuk Indonesia dan Malaysia.
(WIL)

BDF IX Berakhir, Demokrasi Masih Hadapi Banyak Tantangan

BDF IX Berakhir, Demokrasi Masih Hadapi Banyak Tantangan

22 hours Ago

Bali Democracy Forum (BDF) IX resmi ditutup. Sejak pertama kali diadakan pada 2008, tingkat keikutsertaan…

BERITA LAINNYA