Duterte Undang PBB dan Uni Eropa Datang ke Filipina

Sonya Michaella    •    Kamis, 22 Sep 2016 15:39 WIB
filipina
Duterte Undang PBB dan Uni Eropa Datang ke Filipina
Presiden Filipina, Rodrigo Duterte (Foto: Reuters)

Metrotvnews.com, Manila: Menanggapi protes keras dunia internasional terkait perang narkoba di Filipina, Presiden Rodrigo Duterte mengundang PBB dan Uni Eropa untuk datang ke Filipina.

"Untuk (Sekjen PBB) Ban Ki-Moon dan Uni Eropa, akan saya undang datang ke Filipina dan melihat sendiri bagaimana kejamnya perdagangan narkoba di sini," tegas Duterte, seperti dikutip Reuters, Kamis (22/9/2016).

Ia pun mengatakan bersedia diselidiki atas perang narkobanya yang telah menewaskan hampir 3.000 warga Filipina yang terdiri dari pengedar dan pengguna narkoba.

Seakan tak peduli dengan protes dunia internasional terkait dengan hak asasi manusia (HAM), Duterte menekankan bahwa perang narkoba adalah hak dirinya sebagai Presiden Filipina.

"Ketika saya masih jadi Wali Kota, silahkan kritik. Tapi saat ini saya presiden sebuah negara. Saya yang bertanggung jawab atas negara saya," jelasnya.

Sebelumnya, Uni Eropa menyatakan keprihatinan atas meningkatnya jumlah orang yang tewas dalam perang narkoba Duterte di Filipina.

Tak hanya itu, anggota parlemen Uni Eropa juga menyatakan bahwa Duterte mendorong adanya pembunuhan pengedar dan pengguna narkoba.

Saat mendengar dirinya mendapat kritik dari Uni Eropa, Duterte langsung melakukan konferensi pers di Davao, kota yang pernah dipimpinnya dulu.

"Saya bilang kepada mereka, persetan kalian semua. Anda melakukan itu (kritik terhadap Filipina)," ujarnya di hadapan para pejabat Davao.

"Sekarang Uni Eropa sudah berani mengutuk saya. Saya akan ulangi sekali lagi, persetan dengan kalian semua," sambung Duterte sambil mengacungkan jari tengah.


(FJR)

Hillary Clinton Janjikan Biaya Kuliah Gratis

Hillary Clinton Janjikan Biaya Kuliah Gratis

14 hours Ago

Dalam kampanyenya bersama Bernie Sanders, Calon Presiden Amerika Serikat Hillary Clinton menyatakan…

BERITA LAINNYA