Pemilu Singapura Berakhir dengan Kemenangan Partai Berkuasa

Fajar Nugraha    •    Sabtu, 12 Sep 2015 17:56 WIB
pemilu singapura
Pemilu Singapura Berakhir dengan Kemenangan Partai Berkuasa
Partai pimpinan PM Lee Hsien Loong menang pemilu (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Singapura: Pemilihan umum di Singapura berakhir dengan tanpa kejutan sama sekali. People's Action Party (PAP) kembali menang, setelah berkuasa sejak 1959.

Setelah sempat menurun pada Pemilu Singapura 2011 dengan raihan 60,1 persen suara, kini PAP berhasil meningkatkan dukungan. Pada Pemilu 2015, PAP meraih hampir 70 persen, dengan menguasa 83 dari 89 kursi parlemen. Demikian diberitakan The Economist, Sabtu (12/9/2015).

Perdana Menteri Lee Hsien Loong sebagai tokoh kunci pemilu, sepertinya berhasil menguasai pemilu dengan strategi yang diutamakan saat ini. Strategi itu antara lain menggelontorkan uang lebih banyak untuk warga lanjut usia, melakukan pembangunan untuk mengurangi harga rumah dan menjanjikan laju imigran yang saat ini meningkat.

Tapi tidak diragukan lagi bahwa PAP diuntungkan dari perayaan 50 kemerdekaan Singapura. Selain itu diikuti oleh wafatnya Lee Kuan Yew, sebagai pendiri Singapura Moderen.

Namun pemilu kali ini merupakan pertama bagi pihak oposisi menunjukkan perlawanan bagi tiap kursi parlemen. Dari delapan partai oposisi, hanya Worker's Party yang berhasil mendapatkan kursi yang tersisa di parlemen.

Terlepas dari kemenangan dalam pemilu, PAP kini harus memikirkan sosok untuk memimpin Singapura. Lee Hsien Loong yang sudah berkuasa sejak 2004, diperkirakan akan mundur dari jabatan Perdana Menteri Singapura. Lee dikabarkan tengah mencari tokoh yang akan dipersiapkan sebagai penggantinya.


(FJR)