Mahathir Dukung Khairy Jamaluddin Pimpin UMNO

Fajar Nugraha    •    Senin, 04 Jun 2018 16:07 WIB
politik malaysia
Mahathir Dukung Khairy Jamaluddin Pimpin UMNO
Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad dukung Khairy Jamaluddin (kiri) pimpin UMNO (Foto: Malaysia Kini).

Kuala Lumpur: Setelah koalisi Barisan Nasional (BN) yang dipimpin Partai United Malays National Organisation (UMNO) kalah dalam pemilu Malaysia 9 Mei, kondisinya limbung.
 
UMNO saat ini mencari sosok pemimpin, setelah mantan Perdana Menteri Najib Razak mundur usai dikalahkan dalam pemilu dari Pakatan Harapan. Mantan Menteri Olahraga di era Najib, Khairy Jamaludin menjadi salah satu tokoh yang berpeluang besar pimpin UMNO.
 
Hal ini bahkan disampaikan oleh Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad. Mahathir kembali menjadi perdana menteri setelah meninggalkan UMNO dan bergabung dengan koalisi Pakatan Harapan.
 
Tanpa menjelaskan lebih lanjut, pimpinan koalisi Pakatan Harapan itu melihat Khairy sebagai calon yang layak memegang jabatan Ketua UMNO. Terlebih lagi kondisi UMNO kini yang dalam limbung dan tidak tidak dapat menentukan arah perjuangan partai.
 
"Saya pikir Khairy adalah kandidat terbaik.  Presiden UMNO adalah Khairy Jamaluddin," katanya dalam konferensi pers setelah memimpin pertemuan Kedah Haji di Seri Mentaloon, Minggu 3 Juni 2018, seperti dikutip Malaysia Kini, Senin 4 Juni 2018.
 
Pada 22 Mei lalu, pelaksana tugas Presiden UMNO Datuk Seri Ahmad Zahid Hamidi menyatakan semua posisi yang ada dalam UMNO sangat terbuka. Zahid menyebutkan siapapun bisa mencalonkan diri sebagai presiden, wakil presiden dalam pemilihan partai yang akan berlangsung akhir Juni.
 
Meskipun suara dukungan terhadap Khairy sudah menyeruak, justru baru Ketua UMNO Negeri Sembilan Mohamad Hasan dan Kepala Majelis Tertinggi Johari Abdul Ghani yang sudah mengajukan diri sebagai Presiden UMNO.
 
Profil Khairy sendiri dianggap sesuai bagi UMNO yang ingin melakukan perubahan melibatkan kalangan muda. Dia menjabat sebagai Menteri Olahraga pada Mei 2013 hingga Mei 2018 dan kini menjabat sebagai anggota parlemen mewakili wilayah Rembang di Negeri Sembilan.
 
Sebagai politikus, Khairy menjadi pemimpin sayap pemuda UMNO sejak 2009. Pria berusia 42 tahun itu merupakan menantu dari mantan Perdana Menteri Malaysia Abdullah Badawi.


(FJR)