Pemilu Thailand Ditunda Lagi

Sonya Michaella    •    Rabu, 16 Jan 2019 08:11 WIB
politik thailandthailand
Pemilu Thailand Ditunda Lagi
PM Thailand, Prayut Chan-o-cha. (Foto: AFP)

Bangkok: Pemilihan umum Thailand yang rencananya akan diadakan pada 24 Februari 2019 akan ditunda hingga Maret 2019. Belum ada alasan pasti mengapa pemilu Thailand ditunda.

Penundaan pemilu sudah beberapa kali dilakukan sejak 2014 silam. Tanggal terakhir ditetapkan pada November 2018, namun legisatif yang ditunjuk militer mengubah undang-undang pemilihan.

Seorang pejabat pemerintahan Thailand mengatakan, pemilu tidak bisa digelar pada Februari karena Komisi Pemilihan Umum tak memiliki cukup waktu untuk menyelenggarakannya.

"Ada dua kemungkinan tanggal yaitu 10 Maret atau 24 Maret," ujar pejabat anonim tersebut, dikutip dari Strait Times, Rabu 16 Januari 2019.

Baca: PM Thailand Janji Pemilu Paling Lambat Dihelat Februari 2019

Sementara itu, rumor beredar bahwa penundaan ini atas permintaan Junta militer yang telah memerintah Thailand selama lima tahun belakangan. Penundaan disebabkan pemilu tidak bisa bersamaan atau dekat dengan hari penobatan Raja.

Upacara penobatan Raja Maha Vajiralongkorn sendiri dijadwalkan pada 4-6 Mei 2019. Sebelumnya, pemerintah akan mengadakan ritual kerajaan yang berlangsung 15 hari sebelum dan sesudah tanggal tersebut.

Perdana Menteri Thailand Prayut Chan-o-cha menegaskan, pemilu akan diadakan sebelum penobatan Raja. Namun, pemerintah memang harus fokus dan menyiapkan penobatan terlebih dahulu.

Di bawah hukum Thailand, Komisi Pemilihan Umum harus mengesahkan Anggota Parlemen yang menang dalam waktu 60 hari setelah pemungutan suara. Parlemen harus mengadakan sidang dalam waktu 15 hari dari pemilu dan Raja harus memimpin pembukaan parlemen.

Pemerintah mengatakan, acara ini bisa saja berbenturan dengan hari upacara penobatan Raja Maha Vajiralongkorn.



(WIL)