Presiden Taiwan Minta Dukungan Internasional

Cindy    •    Minggu, 06 Jan 2019 07:38 WIB
tiongkok-taiwan
Presiden Taiwan Minta Dukungan Internasional
Presiden Taiwan Tsai Ing-Wen. AFP/Sam Yeh.

Taiwan: Presiden Taiwan Tsai Ing-wen meminta dukungan internasional untuk membela demokrasi negaranya terhadap ancaman baru dari Republik Rakyat Tiongkok (RRT). RRT mengancam kembali menyatukan Taiwan sebagai wilayahnya.

"Kami harap masyarakat internasional memandangnya serius dan dapat menyuarakan dukungan dan membantu kami," kata Tsai seperti dilansir Reuters, Sabtu, 5 Januari 2019. 

Tsai khawatir jika negara lain tak mendukung demokrasi di negaranya. Bisa saja, ada negara lain yang mendapatkan ancaman seperti Taiwan di kemudian hari.

"Kami mungkin harus pertanyakan negara mana lagi (yang akan diancam)?" kata Tsai. 

Dalam tanggapannya, Tsai mengatakan pihaknya tidak akan menerima aturan politik 'satu negara, dua sistem' dengan RRT. Tsai juga mendesak RRT memahami pemikiran pemerintah dan rakyat Taiwan.

"Aksi-aksi seperti perundungan politik tak akan membantu dalam hubungan lintas selat. Perlu adanya negosiasi lintas selat antarpemerintah," jelasnya. 

Presiden RRT Xi Jinping meningkatkan tekanan atas pulau tersebut sejak Tsai menjadi presiden tahun 2016. "Kita punya hak dan kekuatan untuk membawa Taiwan bergabung. Tetapi  kita akan berusaha mencapai 'reunifikasi' damai dengan pulau itu," ungkap Xi. 



(DRI)