Kirim Tenaga Ahli, Indonesia Bantu Pertanian Myanmar

Sonya Michaella    •    Senin, 10 Dec 2018 13:12 WIB
indonesia-myanmar
Kirim Tenaga Ahli, Indonesia Bantu Pertanian Myanmar
Petani wanita bekerja di wilayah persawahan di Naypyidaw, Myanmar, 1 Mei 2018. (Foto: AFP/THET AUNG)

Yangon: Kementerian Luar Negeri RI mengirim dua orang tenaga ahli pertanian ke Myanmar untuk memberikan peningkatan kualitas di bidang pertanian. Pelatihan sudah berlangsung sejak 7 Desember hingga hari ini.

"Pengiriman tenaga ahli ke Myanmar merupakan salah satu upaya Pemerintah Indonesia untuk membantu Pemerintah Myanmar yang tengah meningkatkan kapasitasnya di bidang pertanian," kata Duta Besar RI untuk Myanmar Iza Fadri, dalam keterangan tertulisnya kepada Medcom.id, Senin 10 Desember 2018.

Pelatihan bertajuk Dispatch Expert on Agriculture for Myanmar ini dilaksanakan di Yangon dan bekerja sama juga dengan Kementerian Pertanian RI.

"Saya berharap agar peserta dapat menularkan ilmu dan keterampilan barunya kepada teman-teman mereka sekembalinya ke daerah," lanjut Dubes Iza.

Selanjutnya pelatihan diharapkan dapat mendorong kerja sama dan hubungan bilateral kedua negara serta mempererat kontak antar masyarakat kedua negara.

Baca: Myanmar Apresiasi Bantuan Kesehatan Indonesia di Rakhine

Pelatihan yang dilaksanakan selama empat hari tersebut diikuti 23 petani yang berasal dari enam kawasan di seluruh penjuru Myanmar. Enam wilayah itu adalah Mandalay, Bago, Yangon, Nay Pyi Taw, Shan, dan Rakhine.

Selain itu, pelatihan juga diikuti tujuh peserta dari kalangan pemerintah, akademisi, dan LSM yang bergerak di bidang pertanian. Para peserta mempelajari teknik budi daya dan pengolahan pascapanen untuk komoditi sayuran berdaun seperti kangkung, pokcai, sawi, kol, dan bayam.

Diharapkan melalui program ini, selain meningkatkan kapasitas petani, Myanmar juga dapat saling berbagi informasi dengan tenaga ahli Indonesia dalam pengembangan pertanian melalui metode hortikultura.



(WIL)