Imbau AS Tahan Diri soal Korut, Presiden Tiongkok Telepon Trump

Sonya Michaella    •    Sabtu, 12 Aug 2017 12:36 WIB
nuklir korea utara
Imbau AS Tahan Diri soal Korut, Presiden Tiongkok Telepon Trump
Presiden Tiongkok Xi Jinping dan Presiden AS Donald Trump. (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Beijing: Presiden Tiongkok Xi Jinping akhirnya menelepon Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump untuk membicarakan solusi program misil balistik Korea Utara (Korut).

Menurut laporan, Xi meminta Trump untuk menahan diri untuk mencapai denuklirisasi dan melindungi stabilitas di Semenanjung Korea.

Dikutip dari AFP, Sabtu 12 Agustus 2017, menjaga perdamaian dan stabilitas Semenanjung Korea adalah kepentingan bersama antara Tiongkok dan AS.

Dalam pembicaraan tersebut, Xi juga dikabarkan bersedia menjaga komunikasi dengan AS atas dasar saling menghormati untuk mendorong sebuah resolusi yang sesuai.

Televisi Pemerintah Tiongkok mengutip bahwa Trump benar-benar memahami peran Tiongkok dalam isu nuklir Korut tersebut.

Terkait ini, Jepang juga akhirnya mengerahkan sistem pertahanan rudal bernama Patriot Advanced Capability-3 yang terletak di Shimane, Hiroshima dan Kochi.

Tayangan di stasiun televisi memperlihatkan sejumlah kendaraan militer membawa peluncur dan peralatan lainnya memasuki pangkalan di Kochi, dini hari tadi.

Dikutip darPemerintah Jepang berharap penyelesaian penyebaran sistem pertahanan ini sudah rampung pada hari ini.

Kementerian Pertahanan Jepang juga mengklaim bahwa program misil balistik Negara Komunis tersebut telah memasuki perkembangan terbaru.






(FJR)