Wawancara Khusus Dubes Thailand untuk Indonesia

Dubes Thailand Pandang Pentingnya Latihan Militer Bersama Indonesia

Marcheilla Ariesta    •    Jumat, 15 Sep 2017 11:12 WIB
indonesia-thailand
Dubes Thailand Pandang Pentingnya Latihan Militer Bersama Indonesia
Duta Besar Thailand untuk Indonesia Pitchayaphant Charnbhumidol (Foto: Wahyu Dwi Anggoro/Metrotvnews.com).

Metrotvnews.com, Jakarta: Hubungan erat Indonesia-Thailand tak hanya karena tergabung dengan organisasi kawasan ASEAN. Duta Besar Thailand untuk Indonesia Pitchayaphant Charnbhumidol menuturkan hubungan kedua negara bahkan sudah berlangsung selama 150 tahun, jauh sebelum Indonesia merdeka.
 
Raja Rama V, Raja Thailand kala itu, disebutkan melakukan kunjungan ke Indonesia selama tiga kali. Sejak saat itu, keluarga Kerajaan Thailand sering berkunjung ke Indonesia, bahkan yang terakhir, Putri Maha Chakri Sirindhorn tahun lalu juga ke Indonesia memberikan bantuan pendidikan.
 
"Thailand dan Indonesia memiliki hubungan yang sangat dekat sejak lama, yaitu lebih dari 150 tahun, keluarga Kerajaan Thailand mengetahui banyak hal tentang Indonesia dan mereka sering melakukan kunjungan ke sini," ujar Duta Besar Pitchayaphant, kepada Metrotvnews.com, di kantornya, Kamis 14 September 2017.
 
Mendiang Raja Bhumibol Adulyadej dan keluarganya juga pernah mengunjungi Indonesia pada 1960. Begitu pula dengan Raja Thailand sekarang, Vajiralongkorn yang sempat mengunjungi Indonesia pada 1986, saat masih menjadi Putra Mahkota.
 
Tak hanya keluarga kerajaan. Perdana Menteri Thailand Prayut Chan-o-cha juga pernah mengunjungi Indonesia pada 2015 lalu, sekaligus menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi Asia dan Afrika (KAA) di Jakarta.
 
Meski sudah menjalin hubungan selama 150 tahun, hubungan diplomatik Indonesia dan Thailand baru benar-benar terjalin selama 55 tahun terakhir. Terjalinnya hubungan diplomatik ini kemudian semakin menguatkan persaudaraan kedua negara yang terangkum dalam berbagai kerja sama.
 
Di pemerintahan, ujar Dubes Pichayaphant, menteri luar negeri kedua negara memiliki banyak pertemuan, salah satunya dalam joint commission yang dihelat oleh Kementerian Luar Negeri keduanya.
 
"Kami memiliki delapan joint commission di Thailand. Dan kali ini, giliran Kemenlu Indonesia menghelat pertemuan joint commission itu," imbuhnya.
 
Hubungan militer Indonesia dengan Negeri Gajah Putih itu juga terbilang sangat baik. Terbukti dengan adanya pertemuan tingkat tinggi antara dua komandan militer.
 
Tak hanya itu, ada juga patroli bersama yang dilakukan kedua negara di perairan masing-masing. Latihan bersama pun dilakukan agar militer Indonesia-Thailand semakin kuat.
 
Dubes Pitchayaphant mengatakan negaranya mengirimkan pasukan untuk menjaga perdamaian di Timor Timur pada 1999. Thailand juga mengirimkan pasukan serupa ke wilayah Aceh saat ada konflik di sana.
 
"Kami juga saling bertukar informasi mengenai pencegahan terorisme, narkoba dan informasi intelijen lainnya mengenai terorisme," ungkap Dubes Pitchayaphant.
 
Hubungan keduanya juga merambah bidang ekonomi, investasi, sosial dan juga kebudayaan. Dubes Pitchayaphant berharap hubungan Indonesia-Thailand semakin erat ke depannya.
 
Pasalnya, menurut dia, banyak potensi yang dimiliki Indonesia dan belum semuanya digali. Karenanya, dia mengharapkan di pemerintahan Presiden Joko Widodo, Indonesia dan Thailand lebih banyak lagi bekerja sama.
 
Selain itu, duta besar yang baru menjabat di Indonesia selama enam bulan itu juga berharap, Presiden Jokowi akan melakukan kunjungan kenegaraan resmi ke Thailand dalam waktu dekat.



(FJR)