Tandai 60 Tahun Hubungan Diplomatik, PM Laos Direncanakan Kunjungi RI

Sonya Michaella    •    Kamis, 27 Jul 2017 15:44 WIB
indonesia-laos
Tandai 60 Tahun Hubungan Diplomatik, PM Laos Direncanakan Kunjungi RI
Menlu Retno Marsudi menerima kunjungan Menlu Laos Saleumxay Kommasith (Foto: Sonya Michaella/Metrotvnews.com).

Metrotvnews.com, Jakarta: Kunjungan Menteri Luar Negeri Laos Saleumxay Kommasith ke Indonesia sekaligus membicarakan kunjungan Perdana Menteri Laos Thongloun Sisoulith ke Indonesia, tahun ini.
 
"Kunjungan PM Laos akan dilaksanakan beberapa bulan mendatang. Kami sangat menantikan kunjungan ini, di samping waktunya sangat tepat yaitu saat 60 tahun hubungan diplomatik Laos dan Indonesia," ujar Menlu Kommasith kepada awak media di Kementerian Luar Negeri RI, Jakarta, Kamis 27 Juli 2017.
 
Namun, ia tak menjelaskan lebih lanjut kapan waktu pasti PM Laos yang baru dilantik tahun lalu tersebut akan menyambangi Jakarta.
 
"Saya meyakini, kunjungan nanti akan lebih menguatkan dan memajukan hubungan Laos dan Indonesia di berbagai bidang," lanjut dia.
 
Menlu Kommasith mengaku sepakat dengan Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi terkait pembicaraan dua negara soal politik, keamanan, penangkalan terorisme, pertahanan, ekonomi, budaya dan pariwisata.

(Baca: Indonesia-Laos Kuatkan Upaya Tangkal Terorisme di Kawasan).
 
Di bidang pariwisata, Laos dan Indonesia sepakat untuk melebarkan sayap di sektor tersebut. Dikatakan, warga Laos yang notabene tidak memiliki wilayah pantai, sangat antusias untuk berkunjung ke Indonesia yang memiliki banyak pantai indah.
 
"Warga Indonesia juga harus mengunjungi Laos, nikmati keindahan Laos. Sebaliknya, warga Laos yang ingin menikmati pantai, juga harus berkunjung ke Indonesia," tutur dia.
 
Di bidang ekonomi, Menlu Kommasith direncanakan akan meninjau PT Pupuk Kujang di Cikampek, besok, untuk membahas perluasan kerja sama dua negara. 
 
Selain itu, PT Pertamina juga mulai tertarik untuk membuka peluang kerja sama dengan Laos di bidang retail sektor bisnis energi. 

(FJR)