Tak Ada Peluang Wisatawan Menikmati Rokok di Pantai Thailand

Sonya Michaella    •    Kamis, 12 Oct 2017 17:19 WIB
thailand
Tak Ada Peluang Wisatawan Menikmati Rokok di Pantai Thailand
Wisatawan asing padati Pantai Patong di Phuket, Thailand. (Foto: BBC)

Metrotvnews.com, Bangkok: Otoritas Thailand segera memberlakukan larangan merokok bagi wisatawan lokal maupun mancanegara di pantai-pantai yang ada di Thailand, mulai bulan depan.

Tak tanggung-tanggung, bagi siapa saja yang melanggar peraturan tersebut akan dikenakan hukuman penjara hingga satu tahun.

Dikutip dari BBC, Kamis 12 Oktober 2017, larangan yang mulai berlaku November tahun ini akan ada di seluruh pantai di Thailand, termasuk Phuket.

Pemerintah Thailand akhirnya memberlakukan aturan ini karena makin banyak ditemukan puluhan ribu puntung rokok bertebaran di pantai.

Kepala Departemen Kelautan dan Sumber Daya Pesisir (DMCR) Atuporn Buruspat mengatakan bahwa hingga saat ini pihaknya bahkan telah menemukan 138 ribu puntung rokok di sepanjang 2,5 kilometer Pantai Patong, Phuket.

"Larangan ini terlebih dahulu akan diberlakukan di pantai-pantai terkenal yang kerap dikunjungi wisatawan lokal dan mancanegara," ungkap dia.

Untuk pantai-pantai kecil, lanjutnya, wisatawan masih diperbolehkan untuk merokok, tetapi harus membuang putung rokok pada tempatnya.

Selain hukuman penjara, pelaku juga bisa dikenai denda hingga 100 ribu Bath atau setara dengan Rp40 juta.

Untuk larangan merokok ini, pertama akan berlaku di pantai yang ada di Provinsi Phuket, Prachuap Khiri Khan, Chon Buri, Songkhla, dan termasuk resor populer yang ada di Koh Samui dan Pattaya.



(FJR)