Kim Jong-Un Naik Gunung Menggunakan Sepatu Kulit

Marcheilla Ariesta    •    Minggu, 10 Dec 2017 07:19 WIB
kim jong-un
Kim Jong-Un Naik Gunung Menggunakan Sepatu Kulit
Foto Kim Jong-Un yang berada di puncak gunung ditayangkan KCNA. AFP/Getty Image.

Pyongyang: Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un dilaporkan memakai sepatu kulit hitam saat mendaki gunung setinggi 2.744 meter. Tak hanya itu, dengan memakai sepatu tersebut, Jong-un juga melewati salju tebal.

Media pemerintah Korut, KCNA melaporkan, Kim Jong-un memerintahkan untuk membangun monumen dan komplek pelatihan di wilayah Gunung Paektu. Dia juga meminta dibangun hotel baru serta beberapa perhentian untuk istirahat agar menarik pengunjung.

"Dia sering mendaki Gunung Paektu, namun kehadirannya kali ini yang pertama kali di pertengahan musim dingin," tulis KCNA dalam artikel mereka, dilansir dari laman Independent, Minggu, 10 Desember 2017.

"Matanya tercermin dalam sinar yang kuat dari orang besar yang melihat semangat agung Gunung Paektu."

Media pemerintah ini juga mengklaim tahun lalu Jong-un mendaki gunung. Namun, dari foto yang ditayangkan, dandanan Jong-Un tak seperti pendaki gunung kebanyakan. Jong-Un mengenakan sepatu hitam yang masih mulus.

Jas dan sepatu kulit hitam yang mengkilap malah membuat Jong-un terlihat berada di studio foto. Tampaknya, anak Kim Jong-il ini juga tidak membawa peralatan khusus untuk mendaki gunung.

Ternyata, Jong-un bukan satu-satunya pemimpin negara yang menggunakan foto untuk menunjukkan kehebatan fisiknya. Presiden Rusia Vladimir Putin juga dilaporkan melakukan hal sama. Foto Putin bermain kayak, berlatih judo dan bermain hoki es juga dirilis untuk mempertontonkan kehebatan dirinya.


(DRI)