Korban Tewas Gempa Iran-Irak Bertambah jadi 328 Orang

Sonya Michaella    •    Senin, 13 Nov 2017 16:09 WIB
gempa bumi
Korban Tewas Gempa Iran-Irak Bertambah jadi 328 Orang
Kondisi Kermanshah pascagempa. (Foto: AFP)

Kermanshah: Korban tewas akibat gempa berkekuatan 7,3 Skala Richter (SR) di perbatasan Iran-Irak terus bertambah. Terhitung, korban tewas kini mencapai 328 jiwa.

"Tak hanya itu, lebih dari 2.500 orang juga terluka. Korban tewas dikhawatirkan akan meningkat," kata seorang pejabat di Iran, dikutip dari Channel News Asia, Senin 13 November 2017.

Gempa tersebut dirasakan di beberapa provinsi di barat Iran. Namun, provinsi yang paling parah terkena dampak adalah Kermanshah. Tiga hari berkabung juga diumumkan di provinsi ini.

Di sisi perbatasan Iran, guncangan terasa di beberapa kota di bagian barat negara, termasuk Tabriz.

Guncangan juga terjadi di Turki Tenggara, yaitu Malatya dan Van. Di Diyarbakir, warga juga dilaporkan sudah meninggalkan tempat tinggal mereka. 

Gempa juga dirasakan di selatan Baghdad di mana banyak orang langsung berlari keluar rumah dan gedung. Namun, tidak ada laporan korban tewas dan terluka di Baghdad.

Akibat gempa, listrik terputus di beberapa kota di Iran dan Irak. Peringatan gempa susulan pun sudah dikeluarkan di dua negara ini dan mengimbau warga di Iran dan Irak untuk waspada.

Pusat Seismologi Iran mencatat akan ada sekitar 118 gempa susulan dan lebih dari 70 ribu orang membutuhkan tempat penampungan darurat.

Gempa tersebut dilaporkan melanda garis patahan sepanjang 1.500 kilometer antara lempeng tektonik Arab dan Eurasia, sebuah lempeng yang meluas melalui Iran barat dan ke timur laut Irak.



(FJR)