Rp40 M untuk UN Women, Komitmen Jepang untuk Kesetaraan Gender

Marcheilla Ariesta    •    Kamis, 30 Nov 2017 21:05 WIB
kesetaraan gender
Rp40 M untuk UN Women,  Komitmen Jepang untuk Kesetaraan Gender
Dubes Jepang untuk Indonesia Masafumi Ishii (ketiga dari kiri) komitmen terhadap kesetaraan gender (Foto: Marcheilla Ariesta).

Jakarta: Duta Besar Jepang untuk Indonesia Masafumi Ishii, menuturkan bahwa negaranya sangat peduli dengan kesetaraan gender. Hal ini dibuktikan dengan adopsi Resolusi Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa mengenai kesetaraan perempuan di setiap kesempatan dalam pembangunan dunia.
 
Komitmen Jepang ini dilanjutkan dengan memberikan sumbangan kepada PBB, salah satunya UN Women, organisasi PBB yang bergerak di bidang perempuan, sebesar USD3 juta (setara Rp40 miliar). Sumbangan ini diberikan pada 2016.
 
"Jepang berkomitmen untuk membantu pemberdayaan perempuan sebagai langkah untuk kesetaraan gender," ujarnya saat ditemui dalam acara 'UN Women: Agent of Change, Builder of Peace with Minister of Foreign Affairs', di Hotel Fairmont, Jakarta, Kamis, 30 November 2017.
 
Menurut Masafumi, perempuan memiliki peranan besar dalam membangun masyarakat damai. Hal ini menjadi dasar pemikiran Jepang dalam membantu kesetaraan gender di berbagai negara.
 
Mengetahui Indonesia mulai paham mengenai kesetaraan gender, Dubes Masafumi mengatakan negaranya sangat mendukung upaya tersebut. "Jepang mendukung upaya Indonesia untuk program peranan perempuan," katanya.
 
Dia mengaku negaranya membantu Indonesia dengan membawa para guru perempuan ke Jepang untuk belajar mengenai hal ini. Sebanyak 52 guru diboyong ke Negeri Sakura secara bertahap untuk belajar mengenai peranan perempuan.
 
Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe dan Presiden Indonesia Joko Widodo menjadi pemimpin di Asia Pasifik yang ikut dalam kampanye HeForShe yang diselenggarakan oleh UN Women. Kampanye ini merupakan program para pria untuk mendukung wanita dalam pembangunan dunia.
 
Di Indonesia sendiri, kampanye ini sudah diluncurkan sejak akhir 2016. Presiden Jokowi mengajak para pemimpin daerah untuk menjadi contoh bagi masyarakat untuk mendukung peranan perempuan.



(FJR)