Wayang dan Sakura Bersatu di 60 Tahun Hubungan RI-Jepang

Sonya Michaella    •    Kamis, 23 Nov 2017 17:16 WIB
indonesia-jepang
Wayang dan Sakura Bersatu di 60 Tahun Hubungan RI-Jepang
Krisna Setya Wiratama bersama Dubes Jepang untuk Indonesia Masafumi Ishii (Foto: Sonya Michaella).

Jakarta: Krisna Setya Wiratama asal Ngawi, Jawa Timur, seakan tak percaya logo hasil desainnya ditetapkan menjadi logo peringatan 60 tahun hubungan diplomatik Jepang dan Indonesia.
 
Ia pun masih tak menyangka bahwa dirinya bisa mengalahkan 468 orang lainnya yang berasal dari Indonesia dan Jepang untuk membuat desain logo ini.
 
"Masih enggak nyangka. Logo hasil desain saya dipegang langsung sama Pak Jokowi dan Pak Shinzo Abe dan dipakai untuk tahun depan," kata Krisna ketika ditemui di Kedutaan Besar Jepang, Jakarta, Kamis 23 November 2017.
 
Memperingati 60 tahun hubungan diplomatik Jepang dan Indonesia, Jepang menyelenggarakan lomba mendesain logo yang diikuti dari jenjang sekolah dasar sampai umum dari Jepang maupun Indonesia.
 
Desain logo Krisna cukup unik. Menggabungkan wayang sebagai lambang Indonesia dan bunga sakura sebagai lambang Jepang, Krisna berhasil memadukan dua hal ikonik masing-masing negara menjadi satu perpaduan yang apik.


Logo hasil karya Krisna Setya Wiratama (Foto: Sonya Michaella).
 
Tak hanya itu, di angka 60 yang tertera di logo, Krisna juga membuatnya menarik. Di angka 6 dibuat agak besar dan berwarna layaknya bendera Indonesia, Merah Putih. Sedangkan di angka 0, Krisna membuatnya seperti bendera Jepang, Matahari Terbit. 
 
"Saya sebenarnya bikin beberapa desain, lalu saya pilih dua terbaik. Saya konsultasikan kepada guru dan teman-teman. Sebenarnya mereka milih yang satunya, tapi entah kenapa saya sreg dan pede dengan yang ini," ujarnya sambil tertawa.
 
Sebagai hadiah, Krisna mendapatkan sebuah piagam yang ditandatangani Duta Besar Jepang untuk Indonesia, Masafumi Ishii. Krisna juga mendapat hadiah dua tiket pesawat perjalanan Jakarta-Tokyo-Jakarta dari maskapai penerbangan Japan Airlines dan ANA.

(FJR)