Kesedihan Rakyat Malaysia saat Raja Turun Takhta

Fajar Nugraha    •    Senin, 07 Jan 2019 16:05 WIB
malaysiapolitik malaysia
Kesedihan Rakyat Malaysia saat Raja Turun Takhta
Sultan Muhammad V mengundurkan diri dari posisi Yang Dipertuan Agon. (Foto: The Star).

Kuala Lumpur: Rakyat dan petinggi di Malaysia menyuarakan kesedihan dan terkejut atas keputusan pengunduran diri Sultan Muhammad V, yang mundur dari singgasana Raja Malaysia atau biasa disebut Yang Dipertuan Agong.

Baca juga: Raja Malaysia Turun Takhta.

Berita pengunduran diri Yang Dipertuan Agong ini, ditanggapi dengn segudang reaksi, ungkapan kasih sayang dan penghargaan tertinggi untuk pelayanan Sultan Muhammad V.

Mantan Perdana Menteri Datuk Seri Najib Razak dalam sebuah posting singkat di Facebooknya memberikan penghormatan dan memberikan penghargaan tertinggi kepada Sultan Muhammad V atas layanannya sebagai Yang Dipertuan Agong ke-15.

"Kami rakyat Malaysia berdoa untuk kesehatannya dan agar ia dilindungi oleh Allah. Hidup Raja," kata Najib, seperti dikutip Bernama, Senin, 7 Januari 2018.

"Semoga Malaysia tidak lagi memiliki tahanan politik," imbuhnya, di Twitter.

Di antara komentar yang diposting oleh netizen adalah satu oleh Syamil Hmd, yang mengatakan: "Sedih Tuanku. Tapi apa pun itu, Rajaku duduk di atas takhta untuk melindungi rakyat. Allahuakhbar, Daulat Tuanku."

Sementara Mohd Irwan Shaffii menulis: "Pertama kali dalam sejarah. Agong mundur. Belum pernah terjadi sebelumnya."

Netizen lain, Shahril Aziz, mengingat kutipan terkenal Sultan Muhammad V yang menjadi viral, mengatakan: "Ingat lelucon Tuanku pada pembukaan Parlemen yang baru saja menjabat. Frasa panas pada waktu itu adalah 'duduk, jangan lari' jika Anda masih ingat."

Surat pengunduran diri Raja Malaysia juga telah disampaikan secara resmi kepada para raja melalui surat yang dikirim ke Sekretaris Majelis Raja-Raja. Jabatan raja di Malaysia selama lima tahun setelah dipilih oleh sembilan Sultan atau raja negara bagian.

Dua bulan sebelum pengunduran ini, Sultan Muhammad V diberitakan telah menikahi mantan Miss Moscow, Oksana Veovodina. Keduanya dikabarkan menggelar resepsi pernikahan mewah di Moskow, Rusia.

Sebelum dipinang oleh Sultan Muhammad V, Veovodina juga diisukan telah menjadi mualaf dan mengganti namanya menjadi Rihana Oxana Gorbantenko. 


(FJR)