Tentara Filipina Bunuh 11 Anggota Grup Militan

Sonya Michaella    •    Senin, 28 Nov 2016 08:07 WIB
isisfilipina
Tentara Filipina Bunuh 11 Anggota Grup Militan
Kelompok militan Abu Sayyaf yang juga mendiami Filipina Selatan (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Manila: Pasukan pemerintah Filipina menyatakan telah menewaskan sedikitnya 11 anggota kelompok militan yang mendiami Filipina Selatan, yaitu kelompok Maute.

Maute, salah satu kelompok kecil pecahan dari Abu Sayyaf diketahui menduduki daerah kecil di Lanao del Sur, Filipina Selatan. Rumah bekas balai kota dijadikan mereka sebagai markas.

Dilansir Reuters, Senin (28/11/2016), setidaknya empat tentara terluka dan bentrokan tersebut. Namun, selama bentrokan, mereka tak terlihat mengangkat bendera Islamic State (ISIS) seperti kelompok yang lain.

"Tapi mereka sudah lama menyatakan jika bersumpah setia kepada ISIS dan merupakan grup pecahan dari Abu Sayyaf," kata Kolonel Edgard Arevalo.

Media Filipina menyebutkan, dengan adanya bentrokan tersebut, sebanyak 16.000 orang terpaksa harus mengungsi.

Grup Maute adalah grup yang diduga menyerang sebuah pasar di Davao City pada 2 September lalu yang menewaskan 14 orang dan melukai puluhan lainnya.

Beberapa anggota kelompok ditangkap sebulan kemudian, dan menurut pihak kepolisian, ditemukan video di mana mereka berjanji setia dengan ISIS.

Sementara itu, Presiden Filipina, Rodrigo Duterte, baru-baru ini semakin gencar untuk menumpas keberadaan Abu Sayyaf dan pecahan-pecahannya.

Ia pun mengatakan bahwa ISIS kini sudah merambah ke Asia, karena mereka semakin terpojok di wilayah Timur Tengah.

"Yang kita takutkan adalah jika ISIS keluar dari Timur Tengah, mereka akan bergeser ke Filipina, Indonesia dan Malaysia," ucap Duterte.


(WIL)