AS Pindahkan Kedubes, Indonesia Tetap Konsisten Dukung Palestina

Marcheilla Ariesta    •    Senin, 14 May 2018 18:36 WIB
indonesia-palestinapalestina israel
AS Pindahkan Kedubes, Indonesia Tetap Konsisten Dukung Palestina
Menlu Retno Marsudi tegaskan Indonesia konsisten bela Palestina (Foto: Marcheilla Ariesta).

Jakarta: Amerika Serikat (AS) berencana memindahkan kantor Kedutaan Besar utuk Israel dari Tel Aviv ke Yerusalem. Peresmian akan dilakukan hari ini, Senin 14 Mei 2018.
 
(Baca: Pindahkan Kedubes, AS Optimistis untuk Perdamaian Israel-Palestina).
 
"Hari ini sungguh merupakan hari yang menyedihkan, karena hari ini Amerika Serikat (AS) akan memindahkan kedutaannya ke Yerusalem. Hal ini merupakan kekerasan tertinggi atas resolusi DK PBB karena pemindahan itu melukai proses perdamaian dan perdamaian itu sendiri," ucap Menteri Luar Negeri Retno Marsudi di kantor Foreign Policy Community Indonesia (FPCI), Jakarta, Senin 14 Mei 2018.
 
Indonesia, sebagai salah satu negara yang mendukung Palestina, tetap konsisten pada posisinya agar rakyat Palestina beroleh hak mereka.
 
"Indonesia akan terus dan tetap konsisten untuk mendukung warga Palestina agar dapat memperoleh hak mereka," imbuh dia.
 
Menurut menlu perempuan pertama Indonesia ini, rakyat Palestina harus mendapatkan apa yang merupakan haknya. Karenanya, tak bosan Retno mengatakan kemerdekaan Palestina terus berada di jantung politik luar negeri Indonesia.
 
AS berencana memindahkan kantor kedubes mereka dari Tel Aviv ke Yerusalem. Banyak negara, termasuk Indonesia menentang keputusan Presiden Donald Trump ini.
 
Trump sendiri mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel pada 6 Desember 2017. Beberapa negara mengikuti langkah Israel ini.


(FJR)