Anwar Ibrahim Dipastikan Bebas Besok

Sonya Michaella    •    Selasa, 15 May 2018 07:45 WIB
politik malaysia
Anwar Ibrahim Dipastikan Bebas Besok
Anwar Ibrahim. (Foto: AFP)

Kuala Lumpur: Anwar Ibrahim dipastikan akan bebas besok, 16 Mei 2018. Sebelumnya, Anwar disebut akan keluar dari jeruji besi hari ini. Namun, pengampunannya diundur.

"Yang di-Pertuan Agong XV Sultan Muhammad V berkenan supaya perkara ini dimuktamadkan pada 16 Mei 2018, Rabu menjelang Ramadan," sebut pernyataan dari Istana Negara Malaysia yang diterima Medcom.id, Selasa 15 Mei 2018.

Hal ini juga sudah dipastikan Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad, yang mengatakan Anwar akan keluar penjara pada hari Rabu, sebagaimana dikutip dari Channel News Asia.

Hari ini, Dewan Pengampunan Malaysia direncanakan akan bertemu pada pukul 11 pagi waktu setempat untuk membicarakan pembebasan Anwar.

Pertemuan ini akan dihadiri PM Mahathir, perwakilan Jaksa Agung dan tiga anggota Dewan Pengampunan lainnya. 

Putri Anwar, Nurul Izzah, berharap ayahnya akan menerima pengampunan penuh dari Raja Malaysia. Saat ini, Anwar berada di sebuah fasilitas perawatan di Cheras karena cedera bahu yang dideritanya. 

Pekan lalu, PM Mahathir mengatakan bahwa Raja telah bersedia memberikan pengampunan penuh terhadap Anwar, yang telah menjalani hukuman dengan tuduhan sodomi sejak 2015 lalu.

Pengampunan kerajaan dibutuhkan Anwar untuk bebas dari jerat larangan berpolitik selama lima tahun karena pernah dihukum di Negeri Jiran. Pakatan Harapan pun setuju Anwar nantinya akan mengambil alih jabatan Mahathir sebagai perdana menteri.



(WIL)